Siswa dan Guru SMPN 1 Wakili Sulteng di Lomba Renang Nasional

oleh
Foto bersama siswa SMPN 1 Palu yang mewakili Sulteng mengikuti lomba renang di Jakarta. (FOTO: MAL/HAMID)

PALU – Empat siswa dan seorang guru SMP Negeri 1 Palu mewakili Sulteng untuk mengikuti lomba renang tingkat nasional, di Jakarta. Utusan Sulteng tersebut sudah diberangkatkan pada Jumat (08/12) untuk mengikuti lomba yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Asian Games 2018 tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dkbud) Kota Palu, Ansyar Sutiadi menuturkan, siswa yang berangkat adalah yang terbaik. Dia berharap doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Sulteng.

Lanjut dia, saat ini para pendidik terus menggenjot peningkatan mutu sekolah. Dia pun mengaku senang melihat para kepala sekolah dari jenjang SD dan SMP se Kota Palu yang berlomba-lomba membenahi, menata dan meningkatan layanan pendidikan di sekolahnya, termasuk seni dan olahraga.

“Upaya ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab melahirkan generasi milenial yang cerdas, berbudaya dan memiliki iman dan takwa,” ucap Ansyar.

Dia menyebutkan, pendidikan adalah investasi jangka panjang yang akan melahirkan peradaban manusia. Ibarat menanam pohon, maka harus disiapkan bibit yang baik, menanam dan memeliharanya dengan telaten, bahkan di saat-saat tertentu diberikan pupuk untuk merangsang pertumbuhannya agar menghasilkan buah yang berkualitas.

“Tidak ada kata instan dalam menyiapkan sumber daya manusia, semua harus fokus dan bekerja keras untuk membenahi, menata dan meningkatan kualitas,” tambahnya.

Ansyar menambahkan, pihaknya terus berupaya menyiapkan pendidikan dasar yang hasilnya akan dilihat puluhan tahun kedepan.

“Apakah menjadi buah yang berkualitas dan bernilai tinggi, atau hanya menjadi busuk yang hanya mengotori lingkungan, atau bahkan menjadi pohon yang layu dan tidak dapat berkembang,” katanya. (HAMID)

loading...