Sigi Resmi Miliki Madrasah Negeri

oleh
Foto bersama usai peresmian MIN di Desa Baluase, Kecamatan Dolo Selatan. (FOTO: IST)

SIGI – Kabupaten Sigi resmi memiliki sekolah madrasah yang berstatus negeri, menyusul diresmikannya Madrasah Aliyah Negeri (MAN) oleh Kepala Bidang (Kabid) Madrasah, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, Kamaruddin, di Desa Karawana, Kecamatan Dolo, Kamis (27/12).

Peresmian dihadiri Asisten Bidang Pemerintahan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Andi Ilham, Kepala Kantor Kemenag Sigi As’ad Latopada, beserta para kepala dan guru madrasah.

Acara persemian itu dirangkai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Menteri Agama tentang Penegerian MAN Kabupaten Sigi, oleh Kepala Kemenag Sigi kepada Pejabat sementara (Pjs) Kepala MAN Sigi, Aspan.

Menurut Kamaruddin, hadirnya MAN di Kabupaten Sigi merupakan bentuk perhatian Kemenag agar pendidikan pendidikan berbasis agama di daerah bisa menjadi lebih baik.

“Semoga berdiri MAN ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat untuk mendidik anak-anak agar lebih bermutu. Tidak hanya memahami pendidikan umum namun juga pendidikan agama sebagai landasan masa depannya,” kata Kamaruddin.

Menurutnya, antusias warga yang hadir dalam peresmian itu merupakan hal yang wajar. Sebab hampir 10 tahun Sigi mekar dari Kabupaten Donggala, baru kali ini ada madrasah yang berstatus negeri.

Sementara Asisten Bidang Pemerintahan Pemkab Sigi, Andi Ilham, berharap, MAN yang baru diresmikan tersebut dapat bersaing dengan madrasah negeri lainnya yang ada di Sulteng.

“Semoga ini tidak menjadikan kita tertinggal dalam pendidikan agama Islam, karena pendidikan agama sangat penting bagi generasi kita kedepan, sebagai filter dalam menghadapi berbagai hal,” harapnya.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag Sigi, Yahya Y. A. Landua mengatakan, persiapan berdirinya MAN di Kabupaten Sigi, sudah jauh hari dilakukan.

“Setelah ini kita juga akan mengupayakan berdirinya MTs Negeri. Kami masih mencari lokasi yang tepat,” terangnya.

Sehari sebelumnya, juga telah diresmikan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di Dusun Boyamili, Desa Baluase, Kecamatan Dolo Selatan. Kegiatan itu dihadiri Kakanwil Kemenag Sulteng, Rusman Langke yang sekaligus menyerahkan SK Menag  kepada Pjs Kepsek MIN Sigi, H. Arfan. (HADY)