Setelah Hina Alkhairaat, Video Permintaan Maaf Malah Melecehkan

oleh
Pelajar SMA 6 Palu melakukan permintaan maaf atas penghinaan kepada Alkhairaat. Sayangnya permintaan maaf ini menampilkan seorang dari mereka terkesan melecehkan.

PALU – Setelah sempat beredar video viral sejumlah pelajar SMA menghina lembaga pendidikan Alkhairaat, beredar lagi video permintaan maaf dari sejumlah pelajar yang mengatasnamakan tim dan suporter SMA 6 Palu.

Namun yang mengecewakan dari video tersebut, tampak seorang pelajar yang turut serta meminta maaf terkesan melecehkan. Anak yang mengenakan topi ini, memalingkan wajahnya sambil merokok. Setelah itu dia terlihat tertawa.

Sebelumnya jagad maya di Sulawesi Tengah, dikejutkan dengan beredarnya video yang memperlihatkan sejumlah pelajar mengolok–ngolok Alkhairaat. Video tersebut diupload oleh salah satu akun facebook yang mengatasnamakan Alkhairaat, Sabtu (10/8) sekira pukul 15.00 wita.

Dalam video tersebut, terlihat sejumlah pelajar, suporter dari tim futsal menyanyikan yel-yel dengan lirik ‘Alkhairaat itu Cupu’ secara berulang kali.

Ketua DPW Sulteng Himpunan Pemuda Alkhairaat (HPA) Dedy Irawan, mengatakan, bahwa aparat kepolisian harus sesegera mungkin mengambil tindakan tegas akan hal itu.

Menurutnya, bahwa apa yang dilakukan oleh sejumlah sporter tim futsal tersebut merupakan hate speech atau ujaran kebencian. Sebab hal tersebut, bukan tidak mungkin akan mengundang reaksi yang tidak diinginkan dari oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Itu adalah provokasi, juga merupakan ujaran kebencian, maka patutnya aparat harus merespon dengan cepat akan hal tersebut,” tegas Dedy kepada MAL, Sabtu (11/8) Malam.

Menurut Dedy, Alkhairaat merupakan bagian yang sudah tidak bisa lagi dipisahkan dari budaya masyarakat Sulteng, serta begitu pula sebaliknya.

Olehnya itu, lanjut Dedy, mendesak pelajar sekolah didampingi pihak pimpinan sekolah, harus melakukan permintaan maaf secara terbuka kepada seluruh Abnaulkhairaat atas kejadian tersebut.

“Dan hal itu tidak boleh terulang kembali,” tutup Dedy.

Diketahui, dari informasi yang beredar, video tersebut terjadi saat pertandingan tim futsal antara SMA Negeri 6 Palu menghadapi SMK Alkhairaat Palu, di salah satu stadion, dalam turnamen Liga Futsal Piala Rektor IAIN Cup 2019. (FALDI)