Selamat Datang Wagub Baru

oleh
Prosesi pelantikan Rusli Baco Dg Pallabi sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Tengah di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8). (FOTO: IST)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo melantik Rusli Baco Dg Pallabi sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Tengah di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8).

Pelantikan itu tercantum dalam surat Keputusan Presiden RI No66/P Tahun 2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah sisa masa jabatan Tahun 2019-2021.

Jokowi telah mengambil sumpah jabatan Rusli sebagai Wagub Sulteng, menggantikan posisi almarhum Sudarto yang wafat, di awal masa jabatan.

Dengan dilantiknya Rusli, maka kursi Wagub Sulteng yang mengalami kekosongan sejak Oktober 2016 silam, kini sudah terisi kembali.

Rusli merupakan politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN), salah satu partai pengusung pasangan Longki Djanggola-Sudarto di periode kedua.

Sebelum dilantik, Rusli sebelumnya mengukuti prosesi pemilihan oleh Anggota DPRD Sulteng, 8 Juli 2019 lalu. Rusli berhasil meraih suara terbanyak dari satu calon lainnya, yakni Andi Mansur Pasande dari PBB.

Usai dilantik, Rusli menegaskan bahwa para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak disiplin wajib diberikan tindakan tegas dan harus siap ditempatkan dimana saja.

Rusli mengatakan dirinya akan terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

Ia berharap para ASN tidak lagi memiliki alasan trauma bencana untuk tidak aktif bekerja.

“ASN harus perlihatkan loyalitas, karena yang terpenting adalah mereka melayani masyarakat dan bukan untuk dilayani,” katanya tegas.

Sementara Gubernur Sulteng, Longki Djanggola bersyukur atas berakhirnya polemik jabatan Wagub.

“Semoga dengan terlantiknya Wagub akan meringankan dan mempercepat kinerja pemerintahan daerah, khususnya percepatan pemulihan dan pembangunan rekonstruksi pascabencana di Sulteng,” harap Gubernur.

Ketua DPD Partai Gerindra Sulteng itu menaruh harapan kepada Rusli agar dapat menghayati tupoksinya sesuai Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

“Jika semua pihak memahami tupoksi, maka dengan hadirnya Wagub benar-benar dapat membantu suksesnya program dan tugas pemerintah serta tugas-tugas kemasyarakatan,” pungkasnya.

Selamat Datang Wagub Baru, Selamat Bekerja. (RIFAY)