Sekkot: BTQ Cikal Bakal Lahirnya Qori Qoriah

oleh
Foto bersama usai pembukaan lomba BTQ UPTD Wilayah III Kecamatan Palu Selatan dan Tatanga, belum lama ini. (FOTO: IST)

PALU – Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Asri L Sawayah mengatakan, Program Baca Tulis Al-Qur’an  (BTQ) yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu di tingkat Sekolah Dasar (SD), diharapkan dapat melahirkan qori-qoriah yang berkualitas yang mengharumkan nama baik daerah di iven-iven keagamaan.

“Kota Palu sebagai Ibu Kota Provinsi Sulteng seharusnya bisa membuktikan kualitasnya pada iven-iven keagamaan, salah satunya pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ),” kata Sekkot pada saat pembukaan lomba BTQ UPTD Wilayah III Kecamatan Palu Selatan dan Tatanga, belum lama ini.

Namun, kata dia, pada MTQ tingkat provinsi yang dilaksanakan di Kabupaten Morowali, beberapa waktu lalu, Kota Palu harus berpuas diri sebagai juara keempat setelah Kabupaten Donggala, Morowali dan Parigi Mautong.

“Ini mesti ditingkatkan, dimana salah satu caranya adalah BTQ yang dimulai sejak dini,” ucapnya.

Menurutnya, hasil MTQ tingkat provinsi tersebut sangat mengecewakan.

“Seharusnya sebagai ibu kota provinsi, Kota Palu harus menjadi juara satu atau dua,” tekannya.

Dia berharap agar program BTQ yang telah dilaksanakan tersebut dapat menjadi salah satu program primadona yang dapat mendorong kemajuan di bidang Tilawatul Qur’an.

Kedepan, program BTQ tersebut akan diterapkan di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), agar potensi mereka bisa terus diasah dengan pembinaan berkelanjutan. (HAMID)