Sekretaris Dinkes Palu Awasi Kinerja Pegawai Puskesmas

oleh
Sekretaris Dinas Kesehatan (Sekdinkes) Kota Palu Ilham Arsyad (kedua dari kanan) bersama Kepala Puskesmas Nosarara Pengawu Gunawan dan Tenaga Perawat (Bidan) sesaat setelah persalinan seorang warga Pengawu di Posko Kesehatan Setempat (11/2) .FOTO MAL HAMID

PALU – Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palu, Ilham Arsyad, terlibat langsung memantau dan mengawasi jalannya pelayanan di sejumlah Puskesmas, sejak satu hari pasca terjadinya bencana alam yang melanda Kota Palu dan sekitarnya.

Dia bahkan terlibat langsung melakukan upaya pertolongan di bidang kesehatan kepada masyarakat.

Sabtu (01/12) dini hari lalu, Ilham terlihat sedang berada di PKM Nosarara Pengawu. Dia bersama Kepala Puskesmas setempat sedang berada di lokasi yang bertepatan sedang dilakukan proses persalinan salah seorang warga Pengawu bernama Sinar Kumala (32). Ibu itu melahirkan anak keempatnya yang diberi nama Nazala Kisti dengan berat badan 2,7 kg dan panjang 49 Cm.

Ilham pun turut serta mengawasi kelancaran proses persalinan itu, kemudian memeriksa sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas tersebut.

“Ini sudah tugas dan tanggung jawab kami dalam melayani masyarakat. Selain itu, kehadiran saya di sini merupakan pengawasan terhadap kinerja aparat yang ada untuk terus meningkatkan mutu pelayanan, khususnya pada bidang kesehatan,” kata Ilham.

Terkait mekanisme pelayanan yang dijalankan di Posko Kesehatan Masyarakat (PKM) Nosarara Pengawu itu, menurutnya sangat baik dan berjalan setiap saat, selama 24 jam.

“Personil di posko ini cukup, karena selain melibatkan bidan yang memang bertugas di Puskesmas ini, juga dibantu sebanyak enam bidan tenaga relawan yang ditugaskan Kementerian Kesehatan melalui Ikatan Bidan Indonesia (IBI),” bebernya.

Lebih lanjut Ilham mengatakan, terkait proses persalinan, selama kurun waktu 2 bulan terakhir ini, pihaknya mencatat sebanyak lima kali dilakukan oleh petugas di di PKM Nosarara, sejak masa tanggap darurat, hingga di masa transisi ini.

“Kita ketahui bahwa gedung Puskesmas Nosarara mengalami kerusakan akibat bencana. Sekalipun begitu, pelayanan kesehatan harus tetap dijalankan secara maksimal, meski di dalam posko. Saya berharap semua dijalankan sesuai SOP walaupun tidak ditunjang oleh ruangan yang memadai,” tutup Ilham.

Selaku Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, Ilham memberikan apresiasi sekaligus terima kasih dengan keberadaan sejumlah tenaga relawan yang ditugaskan khusus di Kota Palu.

Setelah sempat berdialog dengan para perawat di lokasi, dirinya pun menyempatkan diri memantau beberapa sudut di puskesmas.

Sekitar pukul 02.10 dinihari, Ilham pun berpamitan kembali ke rumahnya. (HAMID)

loading...