Rumah Zakat Ekspedisi Superqurban di Donggala.

oleh
: Salah satu tim relawan Rumah Zakat saat melakukan phsikososial kepada anak-anak, Sabtu, (12/1), Foto : Ist

DONGGALA – Tim Relawan Rumah Zakat (RZ) menjalankan program ekspedisi super qurban di beberapa titik posko pengungsian. Tim relawan membawa sekitar 760 kaleng kornet dan 360 kaleng rendang.

Qurban ini dibagikan bagi penyintas di dua dusun di desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Koordinator Tim Relawan RZ, Fadel mengatakan, titik pertama RZ menyasar posko pengungsian di dusun satu, dengan membagikan 300 kaleng kornet dan 150 kaleng rendang kepada 30 Kepala Keluarga (KK). Selanjutnya kata dia, tim menyasar dusun dua dengan membagikan 460 kaleng kornet dan 210 kaleng rendang.

Tidak hanya itu, tim juga membagikan Alquran di masjid- masjid antara lain, masjid SMPN 1 Banawa, Masjid Baiturahman Loli dan masjid Limboro.

Selain itu, tim ini juga menjalankan program psychososial bagi anak-anak berada di posko pengungsian. Program ini kata dia, bertujuan mengembalikan semangat bagi anak-anak yang masih merasa trauma akibat bencana september lalu.

” Program ini adalah program sering dijalankan RZ di berbagai daerah, namun perdana dilakukan di wilayah Sulawesi Tengah,” katanya, Sabtu (12/1).

Dia mengatakan, luasnya dampak bencana alam gempa bumi membuat banyak masyarakat, sampai saat ini masih mengungsi di beberapa titik.

” Tidak hanya itu, banyak pengungsi masih bermukim di posko pengungsian diakibatkan rumah mereka hancur dan tidak layak huni, ” ujarnya.

Ketua Posko Pengungsian Desa Limboro Ida, mengatakan, mereka sampai saat ini masih sulit mencari makanan, sebab sebagian besar ladang masyarakat guna bercocok tanam mengalami kekeringan.

Dia menambahkan, suami mereka pun banyak kehilangan pekerjaan di Kota Palu, sebab tempat bekerja mereka dihempas tsunami 28 September lalu.

“Pihaknya sangat berharap mendapat bantuan dari para relawan,” imbuhnya. (IKRAM)

 

loading...