Ribuan Warga Hadiri Pembukaan Festival Danau Poso ke-21

oleh
Suasana pembukaan FDP ke-21 dan FBD ke-12 di Anjungan Danau Poso, Kota Tentena, Senin (26/08). (FOTO: MANSUR)

POSO – Festival Danau Poso (FDP) ke-21 dan Festival Budaya Daerah (FBD) ke-12 secara resmi digelar di Anjungan Danau Poso, Kota Tentena, Kecamatan Pamona Puselemba, Senin (26/08) lalu.

Pembukaan diawali dengan penampilan devile yang diikuti 19 kecamatan dan diiringi Marching Band Gita Praja Mukti Poso serta atraksi kesenian pagelaran tarian-tarian budaya lokal.

Ribuan warga, baik dari dalam maupun luar Kota Poso turut hadir untuk menyaksikan acara pembukaan itu.

Pelaksanaan FDP dan FBD tersebut merupakan agenda tahunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso.

Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu, mengatakan, jika pada tahun 2018 FDP batal dilaksanakan karena peristiwa gempa dan tsunami yang melanda Sulteng.

Menurut Darmin, perhelatan FDP dari tahun ke tahun juga berhasil meyakinkan dunia luar bahwa Poso saat ini bukanlah Poso yang dulu, tetapi Poso yang memiliki harapan baru dengan masyarakatnya yang begitu ramah dan terbuka bagi siapa saja yang ingin berkunjung.

“Pemkab Poso berharap, pelaksanaan FDP ke-21 tahun 2019 ini dapat mendongkrak arus kunjungan pariwisata yang lebih banyak lagi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” harap Darmin.

Di tempat yang sama, Gubernur Sulteng yang diwakili Kepala Badan (Kaban) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulteng, Fahrudin Yotolembah ikut memberikan apresiasi kepada Pemkab Poso yang telah berupaya menyukseskan kegiatan FDP dan FBD tahun 2019.

Ia berharap kepada semua pihak yang terlibat dalam acara agar selalu mengevaluasi kekurangan yang ada, sehingga ke depan acara ini benar-benar terlaksana dengan tujuan menjadi daya tarik wisatawan mancanegara.

Sebelumnya, acara pembukaan FDP -FBD dibuka secara resmi oleh Kementerian Pariwisata RI yang diwakili Sekretaris Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari, Ratna Suranti.

Usai acara pembukaan, para pejabat dan tamu undang meninjau stand pameran di lokasi anjungan Kota Tentena.

Pembukaan FDP dan FBD kali ini juga dihadiri sejumlah bupati dari beberapa kabupaten di Sulteng, termasuk Bupati Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara.

FDP ke-21 dan FBD ke-12 ini berlangsung selama enam hari, mulai 26 sampai 31 Agustus 2019. Sejumlah hiburan bahkan penampilan artis ibu kota seperti Geisha, penyanyi Fiky Salamor dan artis lainnya juga turut memeriahkan acara rutin tahunan tersebut. (MANSUR)