Rektor Unisa: Teknologi Telah Meruntuhkan Aqidah

oleh
Peserta Ostak Unisa Tahun 2018. (FOTO: MAL/YUSUF)

PALU – Arus globalisasi, modernisasi dan westernisasi saat ini dinilai telah meruntuhkan nilai aqidah generasi Islam dalam setiap perubahannya.

Runtuhnya nilai aqidah tersebut dapat dilihat dari maraknya teknologi informasi yang beredar di berbagai media social, seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Tweeter dan lainnya.

Olehnya sebagai generasi Islam harusnya dapat membentengi diri dari pengaruh negatif perkembangan tehnologi tersebut, agar tidak melemahkan iman dan meruntuhkan aqidah.

“Jangan sampai kalian terpengaruh dan mengikuti gaya kebarat-baratan, dampak dari arus globalisasi modern dan westernisasi,” sebut Rektor Unversitas Alkhairaat (Unisa), Dr. H. Hamdan Rampadio, saat memberikan materi sekaligus membuka kegiatan Orientasi Ta’aruf Kampus (Ostak) tahun akademik 2018, dua hari lalu.

Selain itu, Rektor juga menyampaikan cikal bakal penetapan Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah di Kota Palu yang tak lepas dari peran Unisa. Sebab, kata dia, salah satu syarat untuk menentukan ibu kota provinsi adalah memiliki akses pendidikan tinggi.

“Saat itu, sudah ada perguruan tinggi yang didirikan Guru Tua pada tahun 1964 dengan nama UNIS Alkhairaat,” ujarnya.

Rektor juga menjelaskan, hingga saat ini, Unisa terus memberikan dukungan bagi pengembangan pembangunan Sulawesi Tengah secara utuh, dengan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya untuk memberikan pembinaan melalui pendidikan di tujuh fakultas yang ada beserta sejumlah program studi (prodi).

Tujuh fakultas itu adalah Fakultas Agama Islam dengan empat prodi, Fakultas Pertanian dua prodi, Fakultas Kedokteran dua prodi, Fakultas Sastra satu prodi, Fakultas Perikanan satu prodi, Fakultas Ekonomi satu Prodi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) dua prodi.

“Insya Allah untuk Fakultas Kedokteran nanti akan ada penambahan satu prodi dan Fakultas Ekonomi satu prodi,” katanya.

Diketahui, kegiatan Ostak Unisa itu sendiri telah berakhir Kamis (13/09) kemarin dan akan dilanjutkan dengan orientasi di fakultas masing-masing, dan pada Senin (17/09) nanti, akan dilaksanakan kuliah umum.

Semua proses itu merupakan bagian pengenalan lingkungan kampus, untuk membangun integritas mahasiswa selama menjalani studi di Unisa. (YUSUF)

loading...