Rekonstruksi Pasca Bencana 2020, IAIN Palu Akan Terima Kucuran Puluhan Miliar

oleh
Mahasiswa IAIN Palu belajar di salah satu ruang belajar yang terdampak bencana tahun lalu, (FOTO : IST)

PALU – Tahun 2020 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu akan mendapat kucuran dana puluhan miliar untuk mendukung rekonstruksi pembangunan gedung pasca bencana.

“Kita sudah masukan dalam Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) Kemenag, tahun 2020 IAIN Palu dapat tambahan anggaran lagi untuk pembangunan. Nilai besarannya saya lupa persis, tapi puluhan miliarlah,”ujar Direktur Jenderal Pendidikan Agama Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Prof. H. Kamaruddin Amin di Palu pekan kemarin.

Dia mengatakan, pembangunan  gedung-gedung tersebut akan menggunakan sumber dana dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Kemenag,  karena IAIN Palu merupakan salah satu Perguruan Tinggi (PT) yang strategis yang berkedudukan di ibu kota.

“IAIN Palu di sini sangat stretegis tentunya, yang merupakan instrumen untuk membangun SDM yang unggul dimasa akan datang,” terangnya.

Sehingga menurutnya, eksitensi itu sangat signifikan untuk memiliki komitmen bersama dalam memulihkan, bahkan mengembangkan dan menjadikan IAIN Palu jauh lebih bagus di masa yang akan datang.

“Olehnya pasca bencana tahun lalu, tidak hanya Kemenag yang memberikan perhatian khusus kepada IAIN Palu, tetapi sejumlah lembaga kementerian terkait lainnya juga ikut andil. Terbukti misalnya tahun ini ada beberapa bantuan yang diberikan berbagai pihak,” akunya.

Di kesempatan yang sama, Rektor IAIN Palu, Prof. Sagaf S. Pettalongi mengaku telah mengusulkan dana rekonstruksi IAIN Palu tahun 2020 sebanyak tiga usulan, dua diantaranya sebesar Rp.50 miliar dan Rp.100 miliar.  (YAMIN)