Ratusan Siswa SD di Sigi Terima Dana PIP

oleh
Ratusan siswa saat menerima dana PIP di BRI Cabang yang ada di Desa Mpanau, Kecamatan Sigi Biromaru, Rabu (20/03). (FOTO: MAL/HADY)

SIGI – Ratusan siswa Sekolah Dasar (SD) di wilayah Kabupaten Sigi, menerima bantuan dana Program Indonesia Pintar (PIP), Rabu (20/03).

Bantuan dana pendidikan dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) itu diterima disalah BRI Cabang yang ada di Desa Mpanau, Kecamatan Sigi Biromaru.

Pantauan media ini, bank tersebut dipenuhi oleh siswa yang didamping orang tuanya.

Salah seorang orang tua siswa asal Desa Sidondo, Ritna, mengatakan, jumlah dana PIP yang diterima anaknya sebesar Rp450 ribu.

“Dana yang saya terima Rp450 ribu namun sesuai informasi, uang ini merupakan bantuan bagi siswa yang terdampak bencana,” terangnya.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan Peserta Didik, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sigi, Ritha Padendean membenarkan bahwa seluruh siswa yang ada di Sigi mendapat dana PIP yang sudah diprogram oleh pemerintah pusat.

Tetapi, kata dia, terkait siapa saja yang layak menerima, itu tergantung hasil pendataan yang dilakukan Dinas Sosial, pemerintah desa dan pihak sekolah itu sendiri.

“Kami dari dinas hanya memberikan surat rekomendasi pada siswa untuk pencairan,” kata Ritha.

Dia menambahkan, dengan adanya PIP setidaknya bisa membantu siswa yang terdampak bencana, dengan membelanjakan dana tersebut untuk keperluan sekolah, seperti sepatu, baju maupun kelengkapan sekolah lainnya. Sebab kata Ritha, dana PIP tersebut hanya diperoleh satu kali, sehingga diharap dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Kalau dibelanjakan untuk keperluan lain oleh orang tua, maka sangat disayangkan,” tambahnya.

Olehnya, lanjut dia, pihak sekolah yang mengetahui data siswa yang mendapat PIP, harus mengecek apa saja yang dibelanjakan, setelah dana PIP itu masuk ke rekening siswa, sehingga benar-benar sesuai peruntukannya. (HADY)