Rapat PPIH Sulteng, Pemberangkatan Haji Sudah Siap

oleh
Caption : Suasana Rapat Lintas sektoral Persiapan Penyelenggaraan Ibadah haji (FOTO : MAL/MELDA)

PALU- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Tingkat  Provinsi Sulawesi T engah (Sulteng) melaksanakan rapat bersama lintas sektoral antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota, di Gedung Pogombo, Selasa (16/07). Untuk mengecek persiapan seluruh bidang-bidang kepanitiaan.

Kepala Kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng yang juga Ketua PPIH Sulteng, H. Rusman Langke di temui di selah-selah kegiatan mengatakan,  berdasarkan jadwal tanggal 24 Juli 2019, Calon Jamah Haji (CJH) kloter pertama Sulteng atau Kloter 07 Embarkasi Balikpapan (BPN), masuk Asrama Haji Transit Palu. PPIH kabupaten/kota sudah menyatakan kesiapan keberangkatan CJH masing-masing.

Koordinasi lintas sektorat juga sudah dilakukan PPIH,  baik dari pemerintah kabupaten/kota, Dinas Kesehatan, dari kantor kesehatan pelabuhan, dari Polda Sulteng juga sudah siap untuk mengantisipasi dari segi keamanan pada saat pemberangkatan.

“JCH  ditingkat kabupaten/kota sudah menyatakan kesiapan berangkat. baik dari segi dokumen, kesiapan fisik, dan kesehatan telah dinyatakan telah siap. Satu malam di Asrama Haji Transit Palu, tanggal 25 Juli 2019 Jama’ah  Kloter pertama melanjutkan penerbangan ke Embarkasi Balikpapan,”katanya.

Dia menambahkan, khusus pengamanan di Asrama Haji Transit Palu oleh pihak kepolisian, tidak ada perubahan Standar Operasional Prosedur (SOP) dari tahun sebelumnya.

“Saya kira SOPnya seperti pada tahun tahun yang lalu, dalam rangka untuk kenyamanan para Jama’ah yang akan berangkat, yang bisa masuk itu hanya mereka Calon Jamaah Haji. Para pengantar, keluarga tentu tidak bisa karena SOP pelayanannya seperti itu,”terangnya.

Peserta Rapat Lintas sektoral Persiapan Penyelenggaraan Ibadah haji (FOTO : MAL/YAMIN)

Kemudian untuk kesiapan Visa, Kakanwil menyampaikan hingga saat ini Visa Kloter 07  dan 08 sudah siap. Sementara Kloter 09,10, 11 BPN  masih dalam proses perbaikan untuk pengvisaan, diperkirakan dalam waktu satu atau dua hari kedepan sudah diantar ke Jakarta.

“Terkait tentang visa –visa bagi para Calon jamaah,  bisa kita jamijn sebelum keberangkatan semua dokumen sudah ada,”tegasnya.

Di penghujung, Kakanwil mengimbau, agar Calon Jamaah Haji  mengikuti semua petunjuk yang disampaikan oleh PPIH saat manasik, terkait dengan informasi barang bawaan yang dilarangan dan yang dibolehkan kepada jama’ah,” imbuhnya.

Plt Kepala Bidang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Sulteng, H. Muhammad Ramli menyampaikan, rapat tersebut menghasilkan sejumlah point penting. Diantaranya, PPIH segera   merampungkan kontrak penerbangan domestik khususnya untuk kepastian maskapai penerbangan dan biaya yang diperlukan. Kemudian,

Catatan hasil rapat pertama bahwa apa namanya PPH segera merampungkan kontrak penerbangan domestik khususnya untuk kepastian maskapai penerbangan dan biaya yang diperlukan. Kemudian untuk jamaah haji yang tergabung dalam lima Kloter masuk di Asrama Haji Transit Palu sesuai dengan skema surat pemanggilan masuk asrama, kloter 07, 08, 09 pada hari yang telah ditentukan pada Pukul 10.00 Wita, dan kloter  10 dan 11 sesuai tanggal ditentukan pada Pukul 13.00 Wita.

Untuk transportasi bandara, Perhubungan pada prinsipnya melayani jamaah haji.  Kemudian untuk Dinas Kesehatan menyiapkan BPJS bagi Jama’ah yang belum memiliki BPJS.

“Khusus BMKG pada prinsipnya siap melayani pemantauan laporan cuaca, kemudian dari TKP Siap dengan catatan-catatan khususnya bagi yang sakit tentu dari daerah-daerah sudah dipantau,”katanya.

Selanjutnya, Pemerintah kabupaten/kota menyampaikan secara tertulis untuk pemantauan perjalanan yang menggunakan jalur kebun kopi. (YAMIN/MELDA)