Rakerda, Komda Alkhairaat Ternate Pertahankan Kurikulum Guru Tua

oleh
Suasana Rakerda Komda Alkhairaat Kota Ternate. (FOTO: IST)

TERNATE – Komisariat Daerah (Komda) Alkhairaat Kota Ternate, masa khidmat 2017/2022, melaknakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Aula SIS Aljufri, Pondok Pesantren Alkhairaat Kalumpang, Ternate, Sabtu pekan lalu.

Rakerda dihadiri Kepala Kantor Kemenag Kota Ternate dan Kepala Dinas Pendidikan setempat yang juga merupakan alumni Alkhairaat.

Pada Rakerda tahun ini, terdapat lima bidang untuk merumuskan dan menetapkan program kerja selanjutnya, yakni bidang administrasi, pendidikan, sosial, dakwah dan organisasi.

Program utamanya sendiri adalah di bidang pendidikan, yaitu menguatkan pendidikan khusus bagi madrasah diniyah sebagai ciri utama pendidikan Alkhairaat.

“Pendidikan Madrasah Diniyah, kurikulmnya hasil rumusan pendiri Alkhairaat yakni Alhabib Idrus bin Salim Aljufri atau Guru Tua,” kata Ustadz Yahya Misbah.

Menurutnya, kurikulum yang dicetuskan Guru Tua telah melahirkan banyak ustadz dan ulama yang handal di Kota Ternate.

Sementara itu Ketua Komda Alkhairaat Ternate, Ifdal Zen Assagaf, menjelaskan, saat ini, pendidikan di lingkungan Alkhairaat harus terus diperkuat dengan membangun kerjasama dengan pemerintah.

“Untuk itu menjadi tantangan bagi kita untuk menguatkan kurikulum Alkhairaat di sekolah dan madrasah yang dikelola Alkhairaat. Kita ingin mensinergikan program kerja Komda dengan Pemerintah Daerah, khususnya di bidang pendidikan,” katanya.

Ifdal juga menambahkan, komunikasi yang terbangun justru merangkul semua lintas generasi bagi abnaulkhairaat, tidak lain bertujuan agar program kerjasama itu tersusun dan mencerminkan ruh di dalam perguruan Islam Alkhairaat.

“Dan mampu menjawab perubahan zaman yang terus bergerak,” imbuhnya. (NANANG IP)