PUPRP Parimo Usulkan Rp9 Miliar Pembangunan Jembatan Tiga Bolano Lambunu

oleh
Ilustrasi jembatan

PARIMO – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, mengusulkan dana perbaikan Jembatan Cabang Tiga Bolano Lambunu sebesar Rp9 miliar dengan panjang 60 meter.

MenurutKepala Bidang Bina Marga, I Wayan Mudana, perhitungan anggaran Rp9 miliar baru saat ini dilakukan, melihat perubahan harga bahan yang mengalami kenaikan.

“Setiap Musrenbang di wilayah Lambunu, masyarakat selalu mengusulkan pembangunan jembatan itu,” jelasnya, Jumat (07/08).

Kata dia, pasca observasi ditemukan sejumlah kerusakan di bagian jembatan, di antarnya pir jembatan yang sudah mengalami keretakan.

Dengan kondisi yang ada, kata dia, maka jembatan tersebut tidak hanya sekadar direhab, melainkan harus dilakukan pembagunan baru, dengan konstruksi pondasi sumuran kedalaman 7 meter yang anggrannya berkisar Rp6 miliar sampai Rp7 miliar.

“Anggaran yang besar ada pada bagian bawah jembatan, sebagai penyangga utamanya,” jelasnya.

Meski demikian, pihaknya masih menemui kendala terkait status jembatan, apakah masih dipegang oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng, atau Balai Wilayah Sungai, sehingga tak kunjung dilakukan perbaikan.

“Statusnya itu yang kami belum tahu, makanya dalam waktu kita akan koordinasikan,” ucapnya. (MAWAN)

Iklan-Paramitha