PT. Poso Energy Tanam 20 Ribu Pohon Durian

oleh
Suasana Aksi Penanaman Pohon Durian Wilayah DAS, Desa Meko,Pamona Barat Pada Minggu (25/8/2019).(FOTO : MAL/MANSUR)

POSO – Pihak PT. Poso Energy Poso menggelar aksi penanamam 20 ribu pohon durian jenis montong di Daerah Aliran Sungai (DAS) Desa Meko, Kecamatan Pamona Barat. Aksi penanaman pohon itu merupakan kerja sama dengan Front Pencinta Alam Peduli Lingkungan, tokoh masyarakat serta Pemkab Poso, Ahad (25/08), dipimpin Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu.

Manajer PT. Poso Energy, Mohammad Basri Jalil, mengatakan, sebagai mitra pemerintah, PT. Poso Energy menggelar aksi penanaman puluhan ribu pohon jenis durian untuk merehabilitasi atau mengembalikan fungsi DAS, khususnya sungai di wilayah Desa Meko, agar kembali  seperti dulu.

Di tahap awal penanaman pohon, kata dia, pemerintah setempat menyediakan lahan seluas 131,4 hektar yang masuk kategori kritis pada area Sub DAS.

“Ini juga sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat melalui CSR,” katanya.

Pemilihan lokasi DAS Desa Meko sebagai wilayah rehabilitasi tahap awal, mengingat sungai itu sudah masuk zona merah dan krisis pohon hijau. Selain Desa Meko, penanaman pohon oleh pihak perusahaan tahun 2015 silam juga digelar di Kecamatan Pamona Selatan dengan jenis pohon yang beragam, seperti durian, mahoni dan lain-lain.

Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu, berterima kasih kepada pihak PT. Poso Energy yang ikut peduli atas kelestarian DAS di Desa Meko.

Menurutnya, aksi tanam pohon tersebut merupakan bukti kepedulian pihak perusahaan untuk mengembalikan fungsi  DAS  di Desa Meko, sehingga debit air yang mengalir ke Danau Poso, aman.

“Jadi ini adalah aksi penanaman tahap pertama dan tentunya nanti ada tahap kedua. Pada tahap awal ini kurang lebih ada 131,4 hektar. Jadi durian yang sudah kita tanam ini agar ikut dirawat masyarakat sehingga yang dilakukan bukan hanya seremonial, tetapi akan berdampak positif 5 tahun ke depan saat tanaman mulai berbuah,” harap Darmin.

Selain Bupati Poso dan pihak PT.Poso Energy, turut hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah pimpinan OPD, unsur Tripika, tokoh adat, tokoh masyarakat, pihak Unsimar serta belasan anggota dari Front Pecinta Alam  Peduli  Lingkungan se-Kota Tentena. (MANSUR)