PPIH Sulteng Siap Pulangkan Jama’ah Haji

oleh
Suasana Rapat koordinasi persiapan pemulangan jama’ah haji Sulteng di Kanwil Kemenag Sulteng, Senin (27/08). (FOTO: Humas Kemenag Sulteng)

PALU – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), melaksanakan Rapat koordinasi (Rakor) persiapan pemulangan Jama’ah haji, Senin (27/08) di Kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng.

Rakor tersebut dipimpin ketua PPIH Sulteng, H. Rusman Langke dan dihadiri oleh seluruh PPIH Provinsi Sulteng serta seluruh Kepala Kemenag kabupaten/kota di Sulteng.

Ada enam point yang disepakati dalam Rakor itu. Pertama, Seluruh Jamah Haji Sulawesi Tengah diharuskan kembali masuk asrama haji Palu, sebelum kembali ke daerah masing-masing. Kecuali dalam keadaan yang sifatnya penting/darurat dengan mengajukan surat pernyataan yang di tandatangani oleh jamah haji yang bersangkutan.

Dua, Untuk keamanan Jamah Haji, PPIH menyiapkan petugas kepolisian, petugas akomodasi, petugas kendaraan, stiker mobil dan ID Card resmi.

Tiga, koper Jamah Haji diupayakan mendahului kedatangan jamaah di Asrama Haji Palu. Empat,  Penyerahan Air Zam-Zam disertai dengan dokumen berita acara serah terima barang. Lima, jamah haji yang menggunakan pesawat dari Kota Palu ke daerah asal yaitu Kabupaten Touna, Buol dan Banggai Laut.

Dari Balikpapan ke Bandara Kota Luwuk dengan pesawat sriwijaya di syaratkan mengajukan permohonan. Enam, Jamah Haji yang menggunakan transportasi darat yaitu, Kabupaten Morowali, Morowali Utara, Tolitoli, Poso, Parigi Moutong, Sigi, Donggala dan Kota Palu.

Berdasarkan jadwal, Jama’ah haji Provinsi Sulteng mulai kembali ke tanah air adalah Kelompok terbang (Kloter) 05 Embrakasi Balikpapan (BPN), tanggal 12 September 2018 meninggalkan Madinah. Tiba di Balikpapan tanggal 13 September 2018 dan berangkat ke Kota Palu 14 September 2018.

Kloter 6 BPN  tinggalkan Madinah tanggal 14 September 2018, tiba di BPN tanggal 14 September 2018 dan tanggal 15 September 2018 tiba di Kota Palu. Kloter 7 BPN, tinggalkan Madinah tanggal 15 September 2018, tiba di BPN tanggal 16 September dan masuk Kota Palu tanggal 17 September 2018. Kloter 8 BPN, tinggalkan Madinah tanggal 17 september 2018, tiba di BPN tanggal 17 dan masuk di Kota Palu tanggal 18 September 2018. Kloter 9 BPN, tinggalkan Madinah tanggal 18 September 2018, tiba di BPN Tanggal 18 September 2018 dan tiba di Kota Palu tanggal 19 September 2018. (YAMIN)