PPIH Sulteng Rakor Persiapan Pemberangkatan Calon Haji

oleh
Suasana Rapat PPIH Provinsi Sulteng yang dilaksanakan di Asrama Haji Transit Palu, Kamis (26/07). (FOTO: MAL/YAMIN)

PALU – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Provinsi Sulteng, menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Teknis Pemberangkatan Jamaah Calon Haji Tahun 2018 di Aula Asrama Haji Transit Palu, Kamis (26/07).

Rapat tersebut dipimpin Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulteng, H. Rusman Langke, selaku Ketua PPIH Sulteng, didampingi Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setprov Sulteng H. Arnol Firdaus, Kepala Bidang Penyelengara Ibadah Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sulteng H. Lutfi Yunus, serta dihadiri seluruh instansi terkait dalam proses penyelenggaraan musim haji 1439 H/2018 M.

Di kesempatan itu, seluruh panitia mewakili bidangnya guna memaparkan persiapan mereka masing-masing.

Seksi keamanan yang dipercayakan kepada pihak kepolisian, menyampaikan bahwa mulai dari asrama haji hingga pengamanan di rute menuju Bandara SIS Aljufri, sudah menunjuk masing-masing petugas penanggung jawab.

Soal pembatasan rombongan yang masuk di asrama haji hanya tiga orang, pihak keamanan yang disiagakan di pintu masuk asrama, juga meminta agar didampingi oleh panitia lain dan kendaraan jemaah harus memiliki tanda khusus agar petugas di pintu masuk tidak kecolongan.

Menanggapi hal tersebut, pejabat Kasi Informasi Haji Kanwil Kemenag Sulteng, H. Arifin, mengatakan, semua jemaah akan memiliki tas dokumen di dada yang sekaligus menjadi tanda untuk jemaah.

“Satu rombongan itu tiga orang saja, terdiri dari sopir, pendamping dan jemaah haji. Jemaah haji akan ditandai dengan tas dokumen yang ada di dada. Jika tidak ada, maka tidak boleh masuk,” jelasnya.

Jumlah total Calon Jama’ah Haji (CJH) Sulteng tahun ini termasuk petugas kloter, sebanyak 2.011. Terdiri dari Kloter 05 sebanyak 455 orang, Kloter 06 sebanyak 455, Kloter 07 sebanyak 455 orang, Kloter 08 sebanyak 455 orang dan Kloter 09 sebanyak 191 orang.

Dijadwalkan, Kloter pertama Sulteng atau Kloter 05 Embarkasi Balikpapan mulai masuk di Asrama haji transit Palu tanggal 31 Juli  dan berangkat ke Embarkasi Balikpapan Tanggal 1 Agustus 2018. Kemudian Kloter berikutnya menyuaiakn dengan jadwal yang telah ada. (YAMIN)