PLTMH 15.000 Watt di Kawatuna Resmi Beroperasi

oleh
Sekkot Palu, Asri L Sawayah saat meresmikan PLTMH di Uventumbu, Kelurahan Kawatuna, dua hari lalu. (FOTO: MAL/HAMID)

PALU – Persoalan kelistrikan yang dialami masyarakat yang berada di sekitar Uventumbu, Kelurahan Kawatuna, segera teratasi menyusul diresmikannya turbin Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hidro (PLTMH) berkapasitas 15.000 Watt oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Asri L Sawayah, dua hari lalu.

“Kini warga Uwentumbu sudah dapat menikmati aliran listrik. Dengan ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi kelistrikan sekaligus menambah pengetahuan warga tentang tekhologi kekinian,” kata Sekkot.

Dia menambahkan, anak-anak sekolah dapat belajar dengan nayaman di malam hari karena sudah ada penerangan listrik.

Lebih lanjut dia mengatakan, tahun 2018 ini, Pemkot Palu akan membuka akses ke lokasi tersebut sebagai sarana outbound dan objek wisata.

“Ini artinya akan banyak wisatawan yang datang kesini, tentunya dapat dimanfaatkan warga Uventumbu untuk menawarkan jasa, berjualan atau hal lain yang dapat memberikan keuntungan ekonomi,” katanya.

Menurutnya, untuk pengelolaan kawasan tersebut, Pemkot akan menyerahkan sepenuhnya kepada warga, sebagai wujud perhatian pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan.

“Setiap pelaksanaan coffee morning oleh Dispora, harus dilakukan di lokasi ini dan masyarakat setempat disilahkan untuk menyediakan kuliner asli Kaili,” tambahnya.

Asri mengajak warga untuk menanam pohon kemiri, mengingat struktur tanahnya sangat cocok untuk jenis tanaman tersebut.

Lebih lanjut Asri menambahkan dalam rangka menghadapi pelaksanaan Indonesiana di Kota Palu tahun ini, maka lokasi tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu tujuan pengunjung.

“Maka konsekwensinya harus menyiapkan kegiatan seperti pagelaran seni budaya atau kuliner khas Kaili. Hal seperti ini harus didorong sebagai daya tarik wisatawan dan harus berkelanjutan menuju Palu Kota Destinasi,” pungkasnya. (HAMID)

loading...