Penyuluh Diminta Sampaikan Pesan Islam Rahmatan Lil Alamin

oleh
Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, H. Rusman Langke, saat membuka Lokakarya peningkatan kapasitas penyuluh agama dalam mewujudkan generasi bebas narkoba, di Aula Kanwil Kemenag Sulteng dua dua hari lalu. (FOTO : MAL/YAMIN)

PALU – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulteng, H. Rusman Langke, mengimbau pada petugas penyuluh agama di Sulteng untuk menyampaikan pesan-pesan agama yang rahmatan lil alamin di tengah masyarakat.

Hal itu disampaikannya saat membuka lokakarya peningkatan kapasitas penyuluh agama dalam mewujudkan generasi bebas narkoba, di Aula Kanwil Kemenag Sulteng, dua dua hari lalu.

Kata Kakanwil, penyuluh agama merupakan corong terdepan Kemenag yang setiap saat berhadapan dengan masyarakat, olehnya diharapakan selalu memberikan pemahaman bahwa Islam merupakan rahmat bagi umat, keluarga, masyarakat ,l bangsa dan Negara. Karena saat ini banyak paham-paham yang bertentangan dengan idiologi pancasila dan UUD 1945.

”Sampaikan pada masyarakat bahwa Islam itu merupakan Islam yang wasakiah, yang moderat. Islam yang rahmatan lil alamin bagi dirinya, keluarganya, masyarakatnya dan bangsanya,” pesannya.

Kata Kakanwil, penyuluh agama di Sulteng cukup banyak, memiliki tugas pokok meningkatkan kualitas umat beragama lebih khusus bimbingan masyarakat Islam. Selain itu, akan diberdayakan membantu program pemerintah lewat BNN untuk memberikan penyuluhan kemasyarakat tentang bahaya narkotika.

Kakanwil menyarankan kepada penyuluh agar bekerja sama dengan madrasah dan pondok pesantren untuk menyampaikan bimbingan dan pembinaan kepada generasi terkait dengan bahayanya narkoba.

“Para kepala KUA dan penghulu bisa juga diberdayakan membantu program BNN,” tandasnya. (YAMIN)

Iklan-Paramitha