Pemulihan Pasca Gempa, Irwan: Sigi Butuh Dana Banyak

oleh

SIGI – Pemerintah Daerah (Pemda) Kaupaten Sigi menggelar rapat koordinasi bersama DPRD Kabupaten Sigi, terkait tindak lanjut penanganan bencana pasca gempa dan likuifaksi yang terjadi di Kabupaten Sigi.

Pertemuan yang dipimpin langsung Bupati Sigi Mohamad Irwan itu, juga dihadiri langsung Plt Direktur Pelaksana dan Pertaggungjawaban Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Simule Tumbo.

Moh Irwan mengatakan, pasca bencana yang terjadi di Kabupaten Sigi perlu dilakukan penanganan khusus, untuk memperbaiki infrastruktur serta pemukiman masyarakat  yang tentunya perlu anggaran yang tidak sedikit.

“Penanganan pasca gempa yang terjadi tentu menjadi perhatian kita bersama, untuk memulihkan semua yang telah rusak akibat gempa dan likuifaksi, dan tentu hal ini diperlukan anggaran yang tidak sedikit,” terangnya.

Kerjasama dan perhatian pemerintah pusat menjadi harapan besar dalam hal ini, sehingga Kabupaten Sigi kembali normal seperti biasanya.

Rapat koordinasi yang juga dihadiri wakil Bupati Sigi Paulina, Ketua DPRD Sigi Moh Rizal Intjenae, sejumlah pejabat pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, dan sejumlah pimpinan pejabat OPD Sigi itu, juga membicarakan pengalihan alokasi dana pada APBD Perubahan tahun 2018, untuk dipergunakan pada penanggulangan bencana.

Kesempatan itu Sumule Tumbo, mengingatkan, agar dana bantuan untuk penanggulangan bencana di Kabupaten Sigi agar di awasi penggunannya, agar tidak menjadi persoalan dikemudian hari.

Diketahui, bantuan yang telah masuk untuk Kabupaten Sigi berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp250 juta, dana APBD Sigi berasal dari anggaran belanja tidak tetap Rp200 juta, serta bantuan dari perorangan sebesar Rp204 juta. (Hady)

loading...