Pemkot-Polda Kerjasama Pelatihan Polisi Adat

oleh
Wawali Palu dan perwakilan dari SPN Labuan Panimba usai penandatanganan MoU pelatihan polisi adat, Jumat (23/02). (FOTO: MAL/HAMID)

PALU – Wakil Wali Kota (Wawali) Palu, Sigit Purnomo Said didampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat, Sadly Lesnusa menandatangani MoU Pelatihan Polisi Adat (Suro Nuada) bersama pihak SPN Labuan Panimba Polda Sulteng, Jumat (23/02).

“Dalam hal ini Pemkot sangat berterima kasih atas dukungan dari pihak Polda yang telah membekali para suro itu dengan pelatihan. Ini semua sebagai upaya kita untuk meningkatkan tugas dan peran mereka di tengah masyarakat,” kata Wawali Sigit.

Dia berharap agar para suro yang telah menjalani pelatihan agar nantinya bisa melaksanakan tugas sebagaimana mestinya, khususnya dalam menjaga ketertiban dan keamanan yang ada di lingkungan tempatnya bertugas.

“Suro ini adalah pelopor yang akan bertindak dalam menjaga situasi social di lingkungan masyarakat. Dalam hal ini ada rekomendasi dari para ketua adat setempat bilamana ada warga yang bertikai atau persoalan-persoalan yang bukan mengarah pada tindak pidana,” jelasnya.

Diketahui, beberapa bulan lalu, puluhan orang yang tergabung dalam suro se-Kota Palu telah dilepas oleh Wali Kota Palu untuk mengikuti pelatihan di SPN Labuan Panimba. (HAMID)