Pemkot Gelar Rapat Teknis Sambut TDCC

oleh
Suasana rapat teknis menyambut TDCC di lokasi Kampung Kaili, dua hari lalu. (FOTO: MAL/HAMID)

PALU – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, dua hari lalu, menggelar rapat persiapan menyambut kegiatan Tour de Central Celebes (TDCC) yang akan berlangsung pada tanggal 6 sampai 8 November 2017 mendatang.

Rapat yang berlangsung di lokasi Kampung Kaili itu dihadiri Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Wawali) Palu, Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Kapolres, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, para camat dan unsur Dewan Kesenian Palu (DKP).

Pada kesempatan itu, Wali Kota Hidayat menyampaikan segala persiapan yang akan dilakukan pada saat momen tersebut.

Untuk jalur transportasi, Polres, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol-PP diminta segera melakukan rapat koordinasi bersama panitia pelaksana provinsi untuk memastikan jalur yang akan dilalui peserta TDCC. Hal itu untuk memudahkan pengaturan dan rekayasa lalu lintas dan titik-titik penempatan personil keamanan.

Menurut Hidayat, hal lain yang juga perlu dikoordinasikan adalah bidang kesehatan dan  lainnya.

“Dalam hal keamanan, kita akan dibantu FKPK (Forum Komunikasi Pemuda Kaili). Dinas Kesehatan segera berkoordinasi terkait penempatan 14 unit ambulance dan posko kesehatan,” jelasnya.

Petugas lainnya, seperti camat, lurah dan Satgas K5, diharapkan dapat membantu melakukan sosialisasi pelaksanaan ajang itu kepada masyarakat. Sosialisasi tersebut sekaligus memberikan imbauan kepada warga yang dilalui peserta, utamanya yang memiliki hewan ternak agar tidak melepas peliharaannya pada tanggal 7 dan 8 November, demi keselamatan para pesepeda tersebut.

Hidayat meminta kepada warga yang terkena jalur TDCC untuk tidak melakukan penutupan jalan, misalnya dalam rangka menggelar hajatan atau pesta.

“Kalau ada yang punya hajatan, silahkan menggunakan Kampung Kaili atau gedung, jangan menggunakan jalan selama dua hari itu,” katanya.

Sementara Wawali Palu, Sigit Purnomo Said, meminta kepada Dinas Pariwisata untuk membentuk LO (Liaison Officer) atau penghubung untuk mendampingi peserta TDCC yang akan diinapkan di beberapa hotel dan menyiapkan Randa Kabilasa untuk penyambutan pada acara gala dinner.

“Kadis Pendidikan agar melibatkan guru-guru Bahasa Inggris yang berkualitas untuk mendampingi para tamu itu,” tuturnya.

Pentolan Band Ungu itu menambahkan, untuk memeriahkan momen itu, pihaknya juga akan mengerahkan para pelajar yang akan berdiri disepanjang jalan, dilengkapi lambaian bendera bendera kecil dari 30 negara.

“Dinas Perindag agar menyiapkan kerajinan daerah untuk ditampilkan di sekitar Kampung Kaili. Sementara Dinas Kominfo diharap mengambil peran untuk promosi dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan tugas membersihkan sampah yang ada disepanjang rute,” pungkasnya.

Pada momen ini, Pemkot secara khusus akan melaksanakan berbagai agenda, diantaranya penampilan music tradisional teku-teku dan kolaborasi etnis budaya nusantara.

Wawali juga direncanakan akan menyampaikan sambutan selamat datang berbahasa Inggris saat gala dinner. (HAMID)