Pemkab Sigi Upayakan Tingkatkan Produksi Pertanian

oleh
Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta saat mencoba mengoperasikan salah satu alsintan. (FOTO: IST)

SIGI – Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta melakukan serangkaian kunjungan ke sejumlah desa, dalam rangka meninjau aktivitas pertanian dan perkebunan masyarakat, pascabencana 28 September 2018 lalu.

Menurut Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Masyarakat (Humas) Pemkab Sigi, Arif Ainul Kodoy, Senin (11/02), serangkaian kegiatan tersebut, di antaranya melakukan panen perdana jagung di Dusun I Lonja, Desa Sibowi, Kecamatan Tanambulava dan menyerahan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berupa mesin panen multifungsi untuk padi dan jagung kepada Balai Penyuluh Pertanian (BPP) yang menaungi wilayah Kecamatan Gumbasa dan Tanambulava.

“Panen perdana yang dilakukan ini tentunya akan mendorong produksi hasil pertanian yang lain,” harapnya.

Bupati Sigi yang didampingi Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sigi, Muliadi bersama perwakilan dari BPTP Sulawesi dan camat serta aparat desa setempat, juga melihat langsung lokasi penangkaran bibit bawang merah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi di Desa Maku, Kecamatan Dolo serta melihat lokasi rencana pembangunan gedung BPTP Sulawesi Tengah di Desa Maku.

Pada kesempatan itu, Bupati Sigi mencoba mengoperasikan Alsintan berupa Jonder, yang merupakan inovasi baru dalam percepatan pembuatan bedengan untuk tanaman palawija.

Alsintan tersebut diharapkan dapat menghemat waktu, tenaga serta biaya dalam pengolahan pertanian dan perekebunan. (HADY)