Pemkab Sigi Belajar Pariwisata di Tana Toraja

oleh
Pertemuan antara Pemkab Sigi dan Pemkab Tana Toraja. (FOTO: IST)

SIGI – Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Paulina berkunjung ke Kabupaten Tana Toraja dalam rangka melihat langsung pengelolaan pariwisata di daerah tersebut. Kehadiran Paulina diterima langsung Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae beserta Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Semuel Tande Bura.

Kunjungan Wabup Paulina diawali dengan melihat potensi Wisata Religi Burake, kemudian ke desa adat yang terdapat banyak rumah adat (sura) di Kecamatan Sangal Utara. Selanjutnya menuju lokasi agrowisata Pango-Pango Kecamatan Makale.

Sekkab Semuel Tande Bura, mengatakan, Tana Toraja memiliki luas wilayah 2.054.430 hektare dengan 19 kecamatan, 112 lembang dan 47 kelurahan. Selain pariwisata, potensi lain yang dimiliki adalah pertanian dengan sektor andalan perkebunan kopi. Sementara adat istiadat yang dipercayai masyarakat Tana Toraja yaitu upacara adat rambu tuka, rambu solo dan ritual tradisional.

“Kami ucapkan selamat datang dan berterima kasih pada Pemkab Sigi yang telah datang ke Kabupaten Tana Toraja. Tentu dalam hal ini ada banyak yang bisa dijadikan referensi bersama karena objek wisata dan budaya di Kabupaten Sigi juga tidak kalah indahnya,” terangnya.

Dia berharap, kunjungan itu dapat membawa manfaat bagi kedua kabupaten, utamanya di bidang pariwisata. Pihaknya juga akan berkesempatan berkunjung ke Kabupaten Sigi.

Kunjungan tersebut diakhiri dengan pemaparan tentang pariwisata Tana Toraja oleh Ketua Tim Penggerak PKK yang sekaligus Kadis Pariwisata Tana Toraja. (HADY)