Pemkab Banggai Kucur Rp1,5 Miliar untuk Korban Bencana Pasigala

oleh
foto bersama Pemerintah Kota Palu dan Pemerintah Kabupaten Banggai usai melakukan penyerahan bantuan secara bantuan di Rumah jabatan Wakil Wali Kota Palu, di Jalan Wali Kota Timur, Selasa (23/10) (FOTO : MAL/YAMIN)

PALU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai sumbang  Rp1,5 miliar untuk korban bencana di Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala), dengan rincian Rp750 juta untuk Provinsi Sulteng dan Rp210 juta untuk masing-masing Kota Palu, Sigi dan Donggala.

Bantuan itu diserahkan Bupati Banggai, Ir. Herwin Yatim pada masing-masing pimpinan daerah penerima bantuan. Dikesempatan itu Herwin  didampingi wakilnya, Mustar Labolo, sejumlah pejabat Banggai dan Forum komunikasi pimpinan daerah Banggai.

Bantuan untuk Pemprov Sulteng diterima langsung oleh Gubernur, H. Longki Djanggola, di ruang kerjanya, Selasa (23/10) demikian juga Pemkot Palu diterima Wali Kota Palu, Hidayat di Rumah jabatan Wakil Wali Kota Palu, untuk Kabupaten Sigi diterima Wakil Bupati, Paulina di Kantor Bappeda Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala diterima Bupati, Kasman Lassa di rumah jabatannya.

Bukan hanya uang tunai, Pemkab Banggai juga meneyerahkan sejumlah ikan asing yang merupakan makanan khas Kabupaten Banggai, yang telah disiapkan 1,5 ton.

Dikesempatan penyerahan bantuan di Kantor Gubernur Sulteng, Herwin Yatim mengatakan pemerintah dan masyarakat Banggai turut berduka atas musibah yang menimpa masyarakat Pasigala.

Olehnya, pasca gempa, Pemkab Banggai jug telah mengirimkan bantuan tim medis dan mengirimkan 100 truk paket bantuan untuk meringankan beban para korban bencana.

Disampaikannya, dalam bencana ini  juga berdampak pada warga didaerahnya , berdasarkan data sebanyak 1.900 orang. Kini warganya tersebut masih menenangkan diri di rumah-rumah keluarga masing-masing di Banggai.

Dikesempatan itu, Gubernur Longki  menyampaikan, terimakasih kepada pemerintah dan masyarakat Kabupatren Banggai atas support dan perhatian kepada masyarakat yang terdampak bencana. Longki berharap, bantuan ikan asin agar segera disalurkan kepengungsi

“Semoga Allah Akan membalas niat baik dari masyarakat dan Pemkab Banggai. Atas perhatian ini, semoga lebih mempererat hubungan silaturahim,  hubungan emosional kita sesama masyarakat Sulawesi Tengah,”katanya.

Dipenghujung, Gubernur berharap agar bencana atau cobaan yg diberikan Allah SWT dapat dilewati bersama, kedepan  bisa menjadi perhatian, mejadi bahan intropeksi  semua pihak untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT,  dan bersama-sama  membangun kembali daerah yang berdampak bencana, sehingga Provinsi Sulteng  bisa bangkit kembali. (YAMIN/HAMID)

loading...

Tentang Penulis: Fauzi Lamboka

Gambar Gravatar
Belajar Menulis dan Menulis untuk Belajar