Pemilu 2019 Diprediksi Rawan, Parpol di Palu Deklarasi Kampanye Damai

oleh
Ketua DPC PKB Kota Palu, H. Alimudin H. Alibau menandatangani pakta integritas di acara deklarasi kampanye damai, di Lapangan Vatulemo Palu, Jumat (21/09). (FOTO: MAL/YAMIN)

PALU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Polres setempat, melaksanakan deklarasi kampanye damai Pemilu serentak Tahun 2019, di Lapangan Vatulemo Palu, Jumat (21/09) sore.

Kegiatan dihadiri Wali Kota Palu Hidayat, Ketua DPR Kota Palu Ishak Cae, Kapolres Palu AKBP. Mujianto, Komisioner KPU, Dandim 1306 Donggala Letkol Kav I Made Maha Yudhiksa, Ketua Bawaslu Kota Palu, dan seluruh pimpinan dan sekretaris parpol tingkat Kota Palu.

Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid, mengatakan, deklarasi itu dalam rangka menyampaikan kepada masyarakat bahwa kampanye akan segera dimulai.

Pimpinan parpol saat membacakan poin-poin deklarasi kampanye damai Pemilu serentak Tahun 2019, di Lapangan Vatulemo Palu, Jumat (21/09) sore. (FOTO: MAL/YAMIN)

Dia berharap, setelah deklarasi itu, seluruh pimpinan parpol ikut berperan menyampaikan poin-poin deklarasi kepada calegnya masing-masing, sehingga kedepan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Salah satu tujuan deklarasi ini adalah untuk mencegah konflik yang terjadi saat pelaksanaan kampanye nanti,” ujarnya.

Masa kampanye, kata dia, akan dimulai Ahad, tanggal 23 September besok, sampai tiga hari menjelang pelaksanaan Pemilu, yaitu tanggal 13 April 2019.

“Harapan kami, silahkan partai politik menggunaklan metode-metode kampanye yang telah diatur dalam perundang-undangan,” pesannya.

Di kesempatan yang sama, Kapolres Kota Palu, AKBP Mujianto mengaku sangat mendukung kegiatan deklarasi itu.

Menurutnya, kerawanan Pemilu diprediksi cukup tinggi, sehingga kegiatan yang dilaksanakan itu, diharapkan bisa menjadi komitmen bersama, agar dalam pelaksanaan Pemilu serentak 2019 nanti dapat berjalan dengan aman dan damai, khususnya di Kota Palu.

“Kami mengajak seluruh masyarakat Kota Palu, mari bersama menjaga suasana aman dan kondusif. Pesta demokrasi sebaiknya kita laksanakan dengan santun, cerdas tanpa ada kampanye hitam, kekerasan, intimidasi, ujaran kebencian ataupun berita hoax,” imbuhnya.

Sementara Wali Kota Palu, Hidayat, juga mengajak seluruh komponen masyarakat agar terus menggelorakan tema pembangunan yang diusung Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, yaitu Palu kota jasa, berbudaya dan beradat dilandasi iman dan takwa.

“Saya menyampaikan bahwa budaya yang dimaksud dalam tema pembangunan kita ini adalah dalam konteks nilai toleransi, kekeluargaan, dan kegotong-royongan. Ini kita jaga terus bersama tokoh-tokoh adat dan semua elemen masyarakat,” pesannya.

Di penghujung kegiatan, seluruh pimpinan parpol secara bersama membacakan poin-poin deklarasi damai, sekaligus menandatangani pakta integritas kampanye damai. (YAMIN)