Pemilih Pemula Diminta Sering Akses Website KPU

oleh
Suasana jalannya sosialisasi pendidikan pemilu bagi pemilih pemula di SMA 2 Sigi Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo, Senin (11/02). (FOTO: MAL/NANANG IP)

SIGI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi terus berupaya meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 17 April 2019 mendatang. Senin (11/02) kemarin, KPU Sigi melaksanakan sosialisasi dan pendidikan pemilu kepada puluhan siswa SMA 2 Sigi, di Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo.

Pada kesempatan itu, Divisi Logistik dan Teknis KPU Sigi, Soleman, meminta kepada para pemilih kalagan pelajar agar sesering mungkin mengakses website KPU RI.

Dalam website KPU RI itu, kata dia, terdapat informasi penting terkait kepemiluan, termasuk bisa mengecek apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum.

“Padahal kita biasa sampai tiga jam buka aplikasi facebook dan WhastApp,” ujarnya.

Soleman juga menjelaskan, warga negara bisa memilih bila sudah genap berusia 17 tahun atau sudah menikah.

Dalam sosialisasi itu, pihak KPU Sigi juga memperlihatkan contoh surat suara dan metode mencoblos yang benar.

Sementara Ketua Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Desa Kotarindau, Umar S Talaga, juga meminta agar para siswa yang belum terdaftar sebagai pemilih untuk segera melapor.

Selain itu, bagi yang belum melakukan perekaman data diri, agar secepatnya melapor ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

“Hal ini penting agar teman-teman bisa menyalurkan hak suaranya nanti,” katanya. (NANANG IP)