Pasca Dinegerikan, MIN 3 Poso Diresmikan

oleh
Kepala Kanwil Kememag Sulteng, H. Rusman Langke menandatangani prasasti pengnegerian MIN 3 Poso, didampingi Wakil Bupati Poso, Kabag TU Kemenag Sulteng dan Kepala Kemenag Poso, Ahad (02/1`2) (FOTO : Humas Kemenag Poso)

PALU – MIS Al-Ikhlas 3 Sipatuo  yang terletak di Dusun Sipatuo, Desa Kilo, Kecamatan Poso Pesisir Utara resmi mengubah status menjadi  Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Poso, Ahad (02/12).

Hal itu ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulteng, Rusman Langke.

Di kesempatan itu, Rusman Langke menyampaikan tahun ini ada lima madrasah  yang resmi mengubah status dari swasta ke negeri.

Kata dia, penegerian suatu lembaga adalah keharusan, sehingga Provinsi Sulteng mendapatkan lima madrasah, salah satunya MIN 3 Poso.

“Dengan diresmikannya MIN 3 Poso akan menambah lembaga pendidikan di Kabupaten Poso dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Poso, khususnya di kecamatan Poso pesisir Utara,” katanya.

Dia menjelaskan, pengembangan pendidikan dapat dilihat dari tiga aspek. Pertama, input yaitu madrasah. Madrasah memiliki kelebihan dibanding sekolah umum, karena selain mempelajari pengetahuan umum juga pengetahuan agama, sehingga kualitas dan kuantitas madrasah harus menjadi perhatian.  Dua, prose yakni, kegiatan belajar mengajar dengan guru-guru dan sisea juga berperan dalam proses tersebut, sehingga menghasilkan siswa yang berkualitas. Tiga, Output yaitu. Pendidikan yang menghasilkan siswa yang cerdas dan juga berakhlak dengan semboyan madrasah hebat dan bermartabat.

Sementara Kepala Kemenag Kabupaten Poso, Makmur M. Arif menyampaikan kesyukuran dan terimakasih kepada Kepala Kanwil atas itikad baik untuk membangun pendidikan dari kehidupan beragama di Sulteng. Khususnya di Kecamatan Poso Pesisir,  yang sebelumnya hanya bernaung di sebuah yayasan.

Wakil Bupati Poso, Syamsuri menuturkan, salah satu program pemda Poso adalah meningkatkan bidang  pendidikan dan kesehatan. Kaitannya dengan hal tersebut  mewakili masyarakat Poso menucapkan terimakasih kepada Kemenag yang menegerikan MIN 3 Poso.

“Semoga dengan status negeri ini memberikan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga perlu dukungan semua pihak agar berjalan dengan baik,” tandasnya. (YAMIN)

Tentang Penulis: Fauzi Lamboka

Gambar Gravatar
Belajar Menulis dan Menulis untuk Belajar