Pansus Padagimo Siap Carikan Solusi Penyediaan Huntap di Petobo

oleh
Foto bersama Wali Kota Palu dengan Pansus Padagimo DPRD Sulteng, Sabtu (25/07). (FOTO: HAMID)

PALU – Wali Kota Palu, Hidayat menghadiri diskusi soal kebencanaan bersama Panitia Khusus (Pansus) Pengawasan Pascabencana Padagimo DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, di Hutan Kota Kaombona, Sabtu (25/07).

Di kesempatan itu, Hidayat menguraikan berbagai persoalan yang terjadi selama penanangan pascabencana.

“Saya berterima kasih atas dukungan dari Pansus ini yang siap membantu Pemkot untuk menyelesaikan persoalan kebencanaan di Kota Palu,” kata Hidayat.

Hidayat menuturkan, pembangunan hunian tetap (huntap) bagi penyintas ditargetkan harus rampung di Tahun 2020 ini. Sebab tahun depan, Kota Palu akan memasuki fase pembangunan ekonomi.

“Saya kira sudah tidak ada yang mau bantu saya, ternyata masih ada,” gurau Hidayat di depan anggota Pansus.

Terkait itu, Ketua Pansus Padagimo DPRD Sulteng, Budi Luhur Larengi, mengatakan, kehadiran Pansus Padagimo dalam rangka membantu pemerintah daerah yang terdampak bencana 28 September 2018 silam.

“Kehadiran kami dalam rangka mencarikan solusi untuk membantu memenuhi hak-hak penyintas bencana, khususnya para penyintas di Kelurahan Petobo untuk mendapatkan hunian yang layak,” ujar Budi.

Menurutnya, Pansus akan berupaya membantu Pemkot untuk melobi anggaran, khususnya untuk penyediaan lahan huntap di Petobo. Harapannya, Pemkot Palu dapat memberikan data terkait kebutuhan anggaran tersebut.

“Data yang disampaikan Wali Kota kami akan kami bawa ke Jakarta untuk disampaikan kepada fraksi-fraksi kami di DPR RI biar mereka yang menyampaikan langsung ke menteri. Bila perlu jangan pulang sebelum berhasil melobi anggaran,” tegas Politisi Partai Golkar itu.

Anggota Pansus lainnya, Hidayat Pakamundi juga mengajak wali kota untuk bersama mencari solusi agar hak penyintas bencana di Kota Palu dapat terpenuhi.

“Mari kita saling bertukar data agar dapat memutuskan bersama solusi terbaik untuk masyarakat kita,” tandasnya.

Diskusi kemarin juga dihadi sejumlah anggota Pansus lainnya, seperti Yahdi Basma, Wakil Ketua Pansus Elisa Bunga Allo, Alimudin Pa’ada dan Ambo Dalle, Enos Pasaua dan Sonny Tanda. Sesuai rencana, Pansus bersama Wali Kota Palu akan kembali melakukan pertemuan terkait itu pada Senin (27/07) besok dengan menghadirkan sejumlah unsur terkait. (HAMID)

Iklan-Paramitha