Palu Sudah Miliki Mobil Khusus Penyapu Jalan

oleh
Kabid Penanganan Sampah dan Limbah B3, DLH Kota Palu, Moh Ikbal berdiri di depan unit penyapu jalan, Senin (12/02). (FOTO: MAL/HAMID)

PALU – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu mengadakan sebuah unit mobil mini merk Haco Citymaster 1250. Unit buatan Jerman ini berfungsi sebagai penyapu jalan untuk membantu menyelesaikan sampah dan material pasir yang ada di jalan-jalan protocol.

Pengadaan unit penyapu jalan ini merupakan bagian dari komitmen Pemkot Palu untuk mendorong suksesnya program kebersiahan. Sejauh ini, Pemkot sendiri sudah menyatakan perang terhadap sampah.

Kedatangan unit tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Palu, Hidayat. Wali kota pun sempat melakukan ujicoba dengan mengendarai unit multifungsi dan siap dioperasikan di segala musim itu.

Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Sampah dan Limbah B3, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu, Moh Ikbal, Selasa (13/02) mengatakan, unit penyapu jalan itu disuplay langsung dengan pertimbangan agar proses penyapuan dan pembersihan jalan bisa cepat sehingga Kota Palu bisa bersih dari sampah.

“Sasaran utama di jalan-jalan yang telah selesai dikerjakan, antara lain Jalan Thamrin, S Parman, Soeprapto, Ki Maja dan Jalan Setia Budi,” tutur Ikbal.

Dia berharap dengan adanya unit tersebut, bisa membuka mata warga tentang keseriusan Pemkot dalam penanganan sampah.

“Kita sangat berharap timbulnya kesadaran masyarakat untuk turut serta membantu menangani persoalan sampah, minimal dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat,” harap mantan Lurah Talise Valangguni itu. (HAMID)

loading...