Murid Guru Tua Ini Pimpin Maluku Utara Dua Periode

oleh
Abdul Gani Kasuba

JAKARTA – Presiden Joko Widodo(Jokowi) bakal melantik gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara (Malut) hasil pemilihan gubernur (Pilgub) 2018, Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin, di Istana Negara, Jumat (10/5) siang. Prosesi pelantikan dimulai pukul 14.00 WIB.

Abdul Gani Kasuba sendiri merupakan tokoh Alkhairaat di daerah itu yang juga merupakan murid langsung Pendiri Alkhairaat, Habib Idrus bin Salim Aljufri (Guru Tua)

“Pelantikan jam 2 siang,” kata Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik saat dikonfirmasi.

Proses pelantikan diawali dengan penyerahan petikan keputusan presiden kepada Abdul Gani dan Al Yasin, di Istana Merdeka, Jakarta.

Setelah itu, Abdul Gani-Al Yasin bakal berjalan bersama Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo ke Istana Negara.

Acara kemudian dilanjutkan pengambilan sumpah Abdul Gani-Al Yasin oleh Jokowi. Selanjutnya mereka berdua akan menandatangani berita acara pengambilan sumpah.

Abdul Gani-Al Yasin ditetapkan sebagai pemenang setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan perselisihan hasil suara Pilgub Malut 2018. Abdul Gani-Al Yasin unggul dari pasangan Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar.

Dalam Pilgub Malut 2018, Abdul Gani-Al Yasin yang diusung PDIP dan PKPI itu mendapat 176.669 suara. Sementara Hidayat Mus-Rivai Umar yang diusung Golkar dan PPP meraih 175.749. (RIFAY/CNNINDONESIA)