MUI Sigi Sambut Baik Pembangunan Kawasan Religi

oleh
Ilustrasi

SIGI – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sigi menyambut baik niat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi yang akan membangun kawasan religi di wilayah itu.

“Alhamdulillah, hal ini telah kita bicarakan dengan Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta saat pertemuan dengan pengurus MUI Sigi beberapa waktu lalu. Dalam hal ini Bupati Sigi meminta MUI ikut terlibat didalamnya,” kata Sekretris Umum MUI Kabupaten Sigi, Yahya YA. Landua, Rabu (17/01).

Yahya YA. Landua

Menurutnya, adanya kawasan religi akan menjadi salah satu ikon daerah yang menunjukan Kabupaten Sigi merupakan daerah yang aman, selalu hidup rukun dan saling menghargai sesama agama. Tentunya sejalan dengan program bupati saat ini yakni Sigi Religi.

“Dalam hal ini, MUI diberi tanggung jawab untuk menetapkan kawasannya. Dalam waktu dekat kita akan melakukan rapat serta membentuk tim yang akan melakukan survei dan kajian,” terang Yahya.

Yahya menuturkan, Bupati Sigi telah memberikan bayangan kawasan religi di wilayah Dolo, tepatnya Desa Kotarindau. Namun bupati sendiri masih menginginkan masukan yang lebih banyak dari MUI. Makanya, tidak menutup kemungkian ada beberapa desa yang dapat masuk dalam kawasan tersebut, tentu sesuai historis seperti bangunan pendidikan dan beberapa kriteria lainnya.

“Kalau kita lihat, Desa Kalukubula bisa masuk dalam kawasan ini karena ada madrasah Alkhairaat dengan bangunan tua yang pernah didatangi Guru Tua, pendiri perguruan Alkhairaat, juga rumah yang pernah ditinggalinya sementara. Desa Maku yang rencananya akan dibangun Islamik Center oleh Pemkab Sigi dan adanya Kantor Kementrian Agama di desa tersebut,” urai Yahya.

Sementara Kades Kotarindau, Sofyan Talaga menyambut baik niat Pemkab Sigi tersebut. Dengan terbentuknya kawasan religi, kata Sofyan, aura keagamaan akan terbentuk dan menjadi contoh bagi daerah-daerah sekitarnya. Hal ini untuk menepis sedikit demi sedikit hal-hal negatif yang telah menjadi kebiasaan, seperti perkelahian, maraknya Miras serta perjudian.

“Insya Allah ini akan memberikan dampak bagi masyarakat Sigi. Kita selalu mendukung program pemerintah daerah untuk Sigi yang lebih baik,” kata Sofyan. (HADY)

loading...