Meriahkan Haul Guru Tua, Pesan ke-II Semarak

oleh
MAL 7 Juli 2017 s Caption : Abdul rahiom Mujis, salah satu peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an saat melatunkan ayat suci AlQur’an yang diperlombakan. Kegiatan itu dilaksanakan di Masjid SIS Aljufri komplek Alkhairaat Pusat. Kamis (6/7) (FOTO : MAL/YAMIN)

PALU – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HAUL) Al- Alimul Allamah HS. Idrus Bin Salim Aljufri (Guru Tua) yang ke 49,  Pekan Silaturahmi Alkhairaat Nasional (Pesan) ke-II pun dihelat. Sejumlah lomba bernuansa islami digelar pada acara ini.

Salah  satunya adalah, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).  Kegiatan itu dilakasanakan sejak tanggal 5 sampai 7 Juli 2017, di Masjid Alkhairaat  SIS- Aljufri, kompleks Alkhairaat Pusat.

Koordinator Kegiatan MTQ, Dahyar Abdul Hakim mengatakan, Untuk lomba itu, disampaikannya sejak dibukanya pendaftaran sebanyak 21 pendaftar, tapi panitia terus membuka pendaftaran hingga hari terakhir lomba yang sudah dijadwalkan.

“Panitia tidak membatasi peserta, kalau masih ada yang mau mendaftar hingga hari jum’at kami tetap terima,” katanya.

Meski demikian kata Dahyar, peserta tidak menerima dari sekolah umum tapi harus dari sekolah-sekolah Alkhairaat  yang ada diwilayah Sulteng  dari tingkat  SD/MIN, SMP/MTs/SMA/ MA.

Dahyar menyampaikan,  pada Pesan ke 2 ini, peserta lomba MTQ meningkat dibanding dengan tahun sebelumnya. Meski demikian dirinya berharap tahun depan animo siswa-siswi akan terus bertambah.

Dia  mengimbau pada kepala sekolah alkhairaat  di seluruh wilayah di Sulteng untuk mempersiapkan anak didiknya mengikuti lomba tahunan depan.

Dahyar mengatakan, selain STQ panitia Pesan uga melaksanakan sejumlah lomba antara lain, menghafal AlQur’an, Kaligrafi, Membaca Kitab Gundul, Syair-Syair Guru Tua, Sambra dan Barasanji.

“Semua kegiatan sudah mulai sejak tanggal 5 kemarin sampai 7 Juli. Semuanya dilaksanakan di kompleks Alkhairaat Pusat ini,” tandasnya. (YAMIN)