Menuju A Plus, MA Alkhairaat Parigi Ikuti Penilaian Akreditasi

oleh
Suasana penilaian Akreditasi tentang peningkatan mutu Madrasah Aliyah Alkhairaat Parigi. (Foto: MAL/BAMBANG)
PARIGI- Unit Pemutuan Akreditasi (UPA) Kabupaten Parigi Moutong, melakukan penilaian Akreditasi tentang peningkatan mutu Madrasah Aliyah Alkhairaat Parigi, Rabu (6/9). Penilaian Akreditasi Peningkatan mutu tersebut akan dilaksanakan selama dua hari.

Bertindak sebagai Asesor atau Tim Penilai mewakili Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud),Wate Irawan dan Ibrahim dari Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong.

Wate Irawan mengatakan, bahwa akreditasi adalah penilaian mutu dari sekolah atau madrasah, agar bisa memperoleh pengakuan pemerintah tentang standar mutu dan kompetensi.
Hal itu menurutnya,  sangat penting agar sekolah atau madrasah bisa melaksanakan ujian sendiri, dapat menandatangani ijasah sendiri, mendapatkan beasiswa seperti bidik misi, serta meningkatnya minat masyarakat terhadap madrasah yang mendapatkan nilai baik dari hasil akreditasi.
Dia mengungkapkan, adapun yang standar penilaian mutu dan kompetensi dari setiap Madrasah adalah sesuai dengan Standart Operasional Prosedur (SOP) terdapat delapan penilaian, yakni Standart Isi, Standart Proses, Standar Komptensi Lulusan, Standart Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Standar Sarana Dan Prasarana, Standart Pengelolaan, Standart Pembiayaan, Standart Penilaian Pendidikan.
Sementara itu Kepala Madrasah Aliyah Alkhairaat Parigi, Winarni N Maha mengakui, sudah hampir tujuh tahun Madrasah yang dipimpinnya telah mendapatkan akreditasi B Pluss.
Olehnya, kata dia, sudah saatnya MA Alkhairaat Parigi mengikuti Penilaian akreditasi lanjutan.
“Kami berharap semoga hasil penilaian ini MA Alkhairaat Parigi mendapatkan Standart nilai akreditasi A Pluss,” ujarnya. (BAMBANG)