Melalui Unismuh, MDMC Serahkan Bantuan Kesehatan untuk Sigi

oleh
Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Rakindra yang juga Penanggung Jawab Program Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), secara simbolis menyerahkan bantuan rehab gedung Puskesmas Pembantu (Pustu), dan alat kesehatan (Alkes) kepada Pemda Sigi yang terima langsung Pjs Bupati Sigi Sisliandy Rabu (13/10) di aula Unismuh Palu. (FOTO: IST)

PALU – Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Rakindra yang juga Penanggung Jawab Program Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), secara simbolis menyerahkan bantuan rehab gedung Puskesmas Pembantu (Pustu), dan alat kesehatan (Alkes) kepada Pemda Sigi yang terima langsung Pjs Bupati Sigi Sisliandy Rabu (13/10) di aula Unismuh Palu.

Rektor Unismuh dalam laporannya menjelaskan bahwa, kerjasama antara Direct Relief dan MDMC merupakan lembaga Muhammadiyah, yang bertugas untuk mengkoordinasikan sumberdaya dalam tanggap darurat bencana, mitigasi dan kesiapsiagaan bencana dan rehabilitasi pasca bencana, serta untuk meningkatkan kesehatan dan kehidupan masyarakat terdampak kemiskinan atau situasi darurat dengan memobilisasi dan menyediakan sumber daya medis penting yang diperlukan untuk perawatan.

Oleh karena itu lanjutnya, melalui program ini atas peninjauan yang dilakuian sebelumnya, Pustu yang mendapat bantuan rehab dan Alkes diantaranya Pustu Bobo, Pustu Rogo, Pustu Kalawara dan Pustu Tanah Harapan.

“Di mana ke empat Pustu ini pasca bencana 28 September 2018 lalu mengalami kerusakan yang cukup parah. Dengan harapan bantuan ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih baik lagi,” kata Rektor Unismuh.

Sementara Pjs Bupati Sigi dalam sambutannya, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada MDMC dan Direct Relief, yang telah memberikan bantuannya kepada Pemda Sigi pasca bencana dalam bentuk rehab gedung Pustu dan Alkes ini.

Sisliandy juga berharap, dengan bantuan ini, sebagai bentuk perhatian dan kepedulian pelayanan kesehatan khususnya di tingkat Dusun atau Desa, semoga dapat meningkat, cepat, tepat dan mudah. Sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan yang tempat tinggalnya agak berjauhan dengan Puskesmas Induk, dapat terlayani dengan mudah.

Dalam pertemuan tersebut, Rektor Unismuh dan PJS Bupati Sigi menandatangani berita acara serah terima penyerahan bantuan yang dilakukan secara sederhana mengingat Pandemi Covid-19. Turut hadir Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Tengah Hadi Sucipto, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi dan Kabag Humas Sigi. Hady

Iklan-Paramitha