MCB Baznas Bangun Madrasah untuk Mualaf di Sigi

oleh
Foto bersama pada kegiatan pemberdayaan mualaf di Desa Tuva, Kabupaten Sigi, Ahad (28/07). (FOTO: MAL/HADY

SIGI – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melalui Mualaf Center Baznas (MCB) melakukan pembinaan dan pemberdayaan kepada masyarakat Desa Tuva dan Padende, Kecamatan Gumbasa, melalui pembangun madrasah sebagai tempat belajar para mualaf yang ada di wilayah tersebut.

Proses pembangunan madrasah tersebut telah dimulai Ahad (28/07), dihadiri Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas RI Irfan Syaoqi Baek, Ustad Salahuddin Elayubi dari MCB, Muhammad Godal dari Baznas Sulteng, para pengurus Baznas Sigi, Camat Gumbasa Taswar, Kades Tuva Bakhtiar serta perangkat desa dan tokoh masyarakat setempat.

Di kesempatan itu, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan, Baznas RI, Irfan Syaoqi Baek mengatakan, perhatian terhadap mualaf merupakan bagian dan tujuan Baznas.

“Tidak hanya berupa pengetahuan dan pemahaman agama saja, tetapi juga akan menyentuh terkait dengan pengembangan ekonomi, sehingga saudara kita mualaf lebih baik lagi. Kita akan jadikan Desa Tuva ini sebagai desa percontohan integrasi ekonomi bagi mualaf,” ujarnya.

Irfan menambahkan, Baznas RI telah banyak menurunkan program di Sulawesi Tengah, khususnya di daerah yang terdampak bencana. Khusus di Kabupaten Sigi kata dia, sejak pascabencana, pihaknya telah menyentuh banyak hal dalam membangkitkan kembali kondisi masyarakat.

Belum lama ini, lanjut dia, Baznas Mikrofinance (BMI) juga telah dibangun untuk menggerakan ekonomi warga di daerah tersebut.

Sementara Wakil Ketua I Baznas Sulteng, Muhammad Godal, mengucapkan terima kasih kepada Baznas RI yang telah banyak memberikan perhatian ke daerah-daerah yang terdampak bencana.

“Kita berharap program yang diturunkan Baznas RI ini akan terus berkesinambungan, karena saat ini masih banyak warga yang butuh sentuhan untuk memulihkan kembali kondisi mereka,” kata Godal.

Di kesempatan itu, Ustadz Salahuddin Elayubi memberikan tausyiah terkait pentingnya berzakat dan kedekatan manusia kepada Allah SWT.

Di acara itu juga disematkan mubaligh yang nantinya akan mengajarkan anak-anak dalam pembelajaran agama, baca tulis Al-Quran serta peresmian Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) At-Tanwir yang dibangun MCB Baznas RI. (HADY)