MAN 2 Palu Ikut Wakili Indonesia di Ajang AIMO Bangkok

oleh
Muhammad Fadly

PALU – Enam siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Palu akan mewakili Provinsi Sulteng pada ajang Asia International Mathematical Olympiad (AIMO) Trial 2018 di Bangkok, Thailand. Selain mewakili Sulteng, MAN 2 Palu sekaligus menjadi salah satu wakil Indonesia di ajang tersebut.

MAN 2 Palu lolos ke Bangkok setelah sebelumnya mengikuti seleksi  yang digelar serentak pada Ahad (18/03) lalu, yang diikuti 32 wilayah di Indonesia.

Peserta AIMO dari MAN 2 Kota Palu bersama guru pembimbing. (FOTO: DOK MAN 2 PALU)

Enam finalis dari MAN 2 Kota Palu adalah Citra Nafisah (X MIA), Moh. Rifkan (X MIA), Agung Prabowo (X IIK), Auni Fadilah (X IIS), Fitrah Amalia (X MIA) dan Frilia Zaskia (X MIA).

Kepala MAN 2 Kota Palu, Muhammad Fadly, Selasa (22/05), mengatakan, sebanyak enam siswanya berhasil mendapatkan penghargaan MERIT dan berhak ikut pada babak Final AIMO 2018. Mewakili Indonesia, keenam siswa ini akan bertolak ke Bangkok pada tanggal 3 Agustus nanti dan akan mengikuti ajang tersebut sampai tanggal 7 Agustus.

Fadly mengaku belum memiliki rencana untuk melakukan bimbingan khusus pada anak didiknya, guna menghadapi event itu.

“Sementara tidak ada persiapan khusus karena masih puasa. Kami hanya kembalikan kepada anak-anak untuk belajar mandiri,” katanya.

Selain menjadi finalis AIMO, keenam siswa ini juga telah mengukir banyak prestasi, antara lain juara umum 2 lomba PMR Cross Country tingkat WIRA se Kota Palu, Juara Pidato Bahasa Arab se Kota Palu, Juara 1 Master Language se-Kota Palu, dan juara 1 Tahfidz Remaja.

AIMO merupakan ajang kompetisi internasional yang diorganisir Asia International Mathematical Olympiad Union di Hongkong. AIMO digelar sejak 2012.

Kompetisi ini telah diikuti 13 negara se-Asia, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Kazakhstan, Hongkong, Taiwan, China, Macau, Korea Selatan, Bulgaria, dan Myanmar.

AIMO dimaksudkan sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis (critical thinking skills) para siswa. (YAMIN)