Mamboro Akan Dijadikan Kawasan Penghasil Markisa

oleh
Wali Kota Palu Hidayat bersama Sekkot Asri L Sawayah melakukan penanaman perdana di lokasi perkebunan kelompok tani Raja Langit, Mamboro, Kamis (11/01). (FOTO: MAL/HAMID)

PALU – Wali Kota Palu, Hidayat melakukan penaburan bibit cabai perdana di Kelurahan Mamboro, Kecamatan Palu Utara, Kamis (11/01). Bibit itu merupakan bantuan kepada kelompok tani “Raja Langit” yang ada di kelurahan itu.

“Kelompok ini akan dikawal hingga bisa mandiri di kemudian hari. Jadi kita bukan hanya membantu bibit dan peralatannya saja, kita juga akan mendampingi baik dari pemasaran hingga manajemen usahanya,” kata Hidayat di hadapan ratusan warga.

Hidayat menambahkan, pihaknya akan menggunakan semua lahan tidur sebagai perkebunan. Untuk itu, camat dan lurah diperintahkan untuk melakukan identifikasi lahan-lahan kosong untuk ditanami buah atau sayur yang akan dikelola masyarakat setempat.

Menurutnya, jika ingin mendapat hasil yang baik, maka penanaman buah atau sayur harus diatas lahan yang luas sehingga dapat menghasilkan jumlah yang besar pula. Hal tersebut akan membuat orang yang membutuhkan datang sendiri ke lokasi perkebunan.

“Jadi tidak usah repot mencari pembeli, karena merekalah yang akan datang sendiri,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palu, Burhan Hamading mengatakan, pihaknya telah mendistribusikan bantuan 1 unit ultifator, 30 karung pupuk, 35 rol mulsa dan 100 ribu pohon cabai yang akan ditanami di lahan seluas 5 hektar.

“Kita harapkan kelompok tani benar-benar mengelola dan mengembangkan hasil panennya. Kalau kita menghitung hasil dari cabe yang ditanami itu rata-rata akan panen dengan jumlah antara 10 hingga 20 ton per hektar yang akan memperoleh keuntungan senilai Rp70 juta sekali panen,” katanya.

Selain cabai, di Kelurahan Mamboro juga telah ada kebun markisa. Rencananya, Mamboro akan dijadikan sebagai kawasan penghasil markisa di Kota Palu.

“Ini semua adalah wujud Program Kelurahan Inovasi Unggul dan Mandiri Berbasis Iptek,” pungkasnya.

Usai penanaman perdana, wali kota dan rombongan juga meninjau perkebunan markisa di kelurahan setempat. Pada kesempatan itu, wali kota turut didampingi Sekretaris Kota (Sekkot) Palu Asri L Sawayah, Kasdim 1306 Donggala, Camat dan Lurah se-Kecamatan Palu Utara serta tokoh masyarakat. (HAMID)