Mahasiswa FK Unisa Turut Menyunat Gratis di Kegiatan Deklarasi Pantai Sehat

oleh
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, FK Unisa, drg. Lutfiah Sahabuddin saat mengawasi mahasiswa yang sedang menyunat seorang anak. (FOTO: IST)

PALU – Sejumlah mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu, ambil bagian dalam kegiatan deklarasi desa pantai sehat berbasis religi yang dipusatkan di Desa Kalibulur, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, pekan lalu.

Dalam deklarasi ini, mahasiswa kedokteran yang dipimpin Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, drg. Lutfiah Sahabuddin, turut berpartisipasi menggelar sunatan massal secara gratis.

“Alhamdulillah kegiatan deklarasi desa pantai sehat berbasis religi kemarin sukses. Sunatan massal juga sukses,” terang drg Lutfiah, Senin (14/05).

Selain sunatan missal, pihaknya juga menggelar pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat setempat. Kegiatan itu merupakan kerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah.

Lebih lanjut dia mengatakan, sunatan massal dan pemeriksaan kesehatan itu bukan pertama kali dilaksanakan FK Unisa. Sudah banyak kegiatan yang dikerjasamakan  dengan lembaga lain.

Sejauh ini, kata dia, FK Unisa terus membuka diri untuk bekerja sama dengan instansi manapun, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sebab merupakan bagian dari bentuk pengabdian pada masyarakat, sebagaimana visi dan misi FK Unisa itu sendiri.

“Karena Fakultas Kedokteran Unisa ini adalah milik masyarakat Sulteng,” jelasnya.

Saat ini, kata dia, FK Unisa yang sudah meraih akreditas B itu sedang membuka penerimaan mahasiswa baru.

Dia berharap, FK Unisa menjadi solusi bagi permasalahan kesehatan masyarakat Sulteng, baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Karena kegiatan kesehatan ada yang dilaksanakan langsung oleh fakultas, ada pula yang dikerjasamakan dengan lembaga lain,” tutupnya. (YUSUF)