Logo Baru, IAIN Akan Pakai Lagi Nama Datokarama

oleh
Salah satu desain logo IAIN Palu. (FOTO: MAL/NANANG IP)

PALU – Panitia sayembara logo baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, telah memilih tiga desain terbaik yang selanjutnya akan dipresentasekan di hadapan sembilan dewan juri, pada Rabu (23/05), hari ini.

Tiga logo terpilih merupakan hasil karya dosen, pegawai dan mahasiswa IAIN Palu semester dua, yang mewakili semua unsur masyarakat kampus.

Satu dari tiga logo tersebut menyematkan kembali nama Datokarama.

Menurut Ketua Panitia Sayembara Logo, Dr. Moh Ali Hafid, Selasa (22/05), logo karya mahasiswa belum mencantumkan nilai-nilai filosofis, masih sebatas penjelasan beberapa simbol religi dan kebudayan daerah setempat.

“Jadi, desain tersebut yang dua sudah ada filosofinya, yang satu belum ada,” katanya.

Dia menambahkan, hal-hal yang akan dipresentasekan hari ini adalah mulai dari ukuran logo, filosofi makna dan kesesuaian dengan visi dan misi kampus.

Lebih lanjut Ali mengatakan, berdasarkan banyaknya usulan, termasuk dari anggota DPRD Kota Palu dan Provinsi Sulteng serta pemerintah dan tokoh adat, rata-rata meminta agar nama Datokarama kembali disematkan di IAIN.

Dia juga menjelaskan, proses penilaian telah melalui perdebatan panjang antar juri. Hal-hal yang diperdebatkan seputar keindahan, filosofi dan simbol-simbol yang ditampilkan.

Saat ditanya mengapa tidak melibatkan budayawan lokal sebagai juri, menurutnya karena beberapa pertimbangan teknis.

Meski demikian, lanjut dia, ada sejumlah pakar kebudayaan di lingkungan kampus yang turut dilibatkan dalam prsoses pejurian.

“Kita batasi, karena memang ada hal teknis di kampus. Maka sesuai arahan Rektor, dewan juri dari luar kami tidak gunakan. Kami mengambil dosen pakar di bidangnya,” pungkasnya. (NANANG IP)

loading...