Lima Sungai di Parimo Ancam Pemukiman Warga

oleh
Plt Kepala Dinas PUPRP Parimo,(FOTO : MAWAN)

PARIMO – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) berencana melakukan normalisasi lima sungai di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah (Sulteng).

Lima sungat itu ditengarai,mengancam sejumalah permukiman warga di tiga kecamatan. Yakni, Sungai cabang tiga Lambunu, sungai Desa Karya Mandiri, Kecamatan Bolano. Sungai Ogomolos Kecamatan Mepanga. Sungai Tilung dan Silutung, Kecamatan Tomini.

“Normalisasi dilakukan mengingat kelima sungai tersebut ketika musim penghujan dapat mengancam pemukiman warga. Dalam waktu dekat sungai-sungai itu kami tangani, karena apabila tidak dilakukan normalisasi akan mengancam pemukiman serta fasilitas lainnya,” ujar Plt Kepala Dinas PUPRP Parimo, Rivai, Jum’at (25/09).

Ia menjelaskan, PUPRP melalui bidang Sumberdaya Air (SDA) mengarahkan alat berat excavator. Namun, terlebih dahulu sungai cabang tiga yang lebih dahulu akan dikerjakan.

Ia mengaku, dalam pekerjaan sungai ini, pihaknya mengalami keterbatasan anggaran meskipun demikian pihaknya tetap melanjutkan normalisasi tersebut.

“Ini harus segera ditangani meskipun keuangan mengalami keterbatasan, karena kondisi sekarang sudah mengancam pemukiman masyarakat,” tutupnya.

Reporter : Mawan
Editor : Yamin

Iklan-Paramitha