Lapas Palu Gelar Penanaman Pohon

oleh
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palu. (FOTO IST)

PALU – Ada suasana berbeda yang terlihat di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palu, Jumat (25/03) pagi. Tidak seperti biasanya, puluhan pegawai dari kantor Kementerian Hukum dan HAM Sulteng nampak berbaur dengan warga binaan (wabin) sambil melakukan penanaman pohon di sekitar lapas.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-55. Penanaman pohon diawali oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkum-HAM Provinsi Sulteng, diikuti Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kanwil Kemenkum-HAM Sulteng dan Kepala Lapas Kelas II A Palu.

Dalam kegiatan itu, pihak Lapas memilih beberapa bibit pohon yang ditanam, seperti sirsak, kayu hitam, mahoni, dan pohon nangka.

Kakanwil Kemenkum-HAM Sulteng, Zulkifli, mengatakan, kegiatan itu dalam rangka menunjang program penghijauan di lingkungan Lapas kelas II A Palu.

“Kegiatan ini juga sangat baik karena dapat memperindah dan membuat suasana di Lapas Palu semakin sejuk,” ujar Zulkifli.

Sementara Kepala Lapas Kelas II A Palu, Adhi Yanriko Mastur, menjelaskan, sebelumnya, pihaknya juga telah menyelenggarakan kegiatan donor darah.

“Selain itu ada beberapa kegiatan lain yang kita buat, seperti lomba kebersihan serta giat pembangunan karakter petugas pemasyarakatan,” katanya.

Selain bersama-sama melakukan penanaman pohon, Kakanwil Kemenkum-HAM juga berksempatan mengunjungi blok dan kamar warga binaan di Lapas Palu. (FALDI)