KUA Marawola Jadi Pilot Project Pelayanan Satu Atap

oleh
Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, H. Abdullah Latopada (kiri) bersama Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapata usai meresmikan pelayanan satu atap di KUA Kecamataan Marawola, Kamis (14/12). (FOTO: IST)

PALU – Menjadi yang pertama di Sulteng, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi menjadi pilot project pelayanan satu atap.

Program ini telah dilaunching dan diresmikan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, H. Abdullah Latopada bersama Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta dan disaksikan masyarakat Kecamatan Marawola, Kamis (14/12).

Kepala KUA Marawola, Lutfi Godal, mengatakan, motivasi besarnya mewujudkan pelayanan satu atap adalah dari arahan Kakanwil Abdullah bahwa jabatan akan berhasil jika dapat memberikan manfaat besar kepada masyarakat.

Dikatakannya, sejauh ini, proses yang dilalui untuk kerjasama dengan Pemkab Sigi berjalan baik, karena dapat seiring dalam program, yakni “Sigi Religi” dan “Sigi Masagena”, yang salah satunya fokus dalam meningkatkan pelayanan agama.

Sementara Kakanwil H. Abdullah Latopada, menyampaikan, hal tersebut merupakan langkah Kemenag dan Pemkab untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan buku nikah maupun Kartu Keluarga (KK).

“Untuk Sulawesi Tengah kita pilih Kabupaten Sigi dulu, nantinya akan dilakukan pada semua daerah. Tentunya dalam program ini, calon pengantin tidak hanya menerima buku nikah, tetapi langsung diberikan KK,” terangnya.

Dia mengatakan, untuk menjaga kestabilan keamanan daerah, KUA memiliki peran dalam hal melakukan pembangunan agama di masyarakat.

“Tugas utama KUA menjaga lingkungan kondusif, bagaimana taman pengajian, majelis taklim bisa aktif, juga bekerja sama dengan tokoh masyarakat untuk menciptakan Sigi percontohan daerah yang aman,” katanya.

Meski demikian, putra asli Kecamatan Dolo itu juga meminta dukungan dari semua pihak, baik tokoh adat dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama  menciptakan lingkungan yang kondusif.

Sementara Bupati Sigi, Moh Irwan mengatakan, program pelayanan satu atap ini juga bisa membantu Pemkab Sigi dalam mendata penduduk, khususnya untuk mempercepat memiliki e-KTP.

Lunching kemarin turut dihadiri Ketua DPRD Sigi Rizal Intjenae, Kapolsek Marawola, Kepala Kemenag Sigi, Kepala Dinas Dukcapil Sigi, Camat Marawola, unsur Muspika, kepala desa, tokoh adat, tokoh organisasi, tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kabupaten Sigi. (YAMIN/HADY)