KPU Touna Butuh Rp37 Miliar untuk Biayai Pilkada 2020

oleh
Dirwansyah Putra

AMPANA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) sudah mulai menyiapkan diri guna menghadapi perhelatan Pilkada serentak tahun 2020 di daerah itu. Salah satu tahapan yang tengah dilakukan adalah mengajukan kebutuhan anggaran kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

Ketua KPU Kabupaten Touna, Dirwansyah Putra, di ruang kerjanya, Rabu (11/09), mengatakan, setelah terbitnya PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang jadwal Pilkada, menjadi acuan untuk menyelenggarakan Pilkada. Pada prinsipnya, kata dia, KPU Touna sudah siap menyelanggarakan Pilkada.

“Saat ini kami sedang melakukan penyusunan anggaran bersama TAPD. Berdasarkan penyusunan anggaran, maka KPU butuh dana sebesar Rp37 miliar dari Pemkab Touna untuk membiayai Pilkada,” ungkapnya.

Ia menambahkan, anggaran PILKADA tahun 2020 mendatang mengalami penambahan dibanding Pilkada sebelumnya, karena bertambahnya jumlah petugas penyelenggara di tingkat desa maupun kecamatan.

Dirwan mengakui, pembiayaan terbesar dalam Pilkada yaitu untuk membayar honor petugas penyelenggara.

“Jadi jangan dilihat besaran anggaran yang diajukan oleh KPU, tapi dilihat keperluan yang dibutuhkan,” terangnya.

Berdasarkan amanat UU, kata dia, pembiayaan Pilkada itu dibebankan kepada APBD dan sesuai PKPU Nomor 15 Tahun 2019, penanda tangan nota hibah Pilkada akan dilakukan tanggal 1 Oktober mendatang. (SAFA’AD)