KPU Poso Rakit 4.039 Lembar Kotak Suara

oleh
Suasana Perakitan ribuan Lembar Kotak Suara Pemilu 2019 Di Gedung PGRI Poso Pada Senin (11/2/2019)

POSO –  Jelang  Pemilihan Umum ( Pemilu)  secara serentak 17 april  2019 mendatang ,Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Poso mulai  merakit kotak suara . Ribuan lembar kotak surat suara yang terbuat dari bahan duplex ,dirakit secara manual oleh pihak  KPU Poso dengan melibatkan  sejumlah masyarakat  bersama  honorer  KPU Poso dengan pengawasan pihak Bawaslu Poso dan aparat Kepolisian setempat.

Data dari pihak KPU Poso sebelumnya,jumlah keseluruhan kotak suara  Pemilu 2019 di kabupaten Poso mencapai  4.039  lembar dan terbuat dari bahan duplex.Proses  perakitan kotak suara yang di mulai Senin ( 11 /2/2019) di gedung  PGRI ,kelurahan Poso Kota  Poso . Untuk memastikan proses perakitan kotak suara berjalan tertib ,lancar serta aman , KPU Poso bersama Bawaslu Poso ikut memantau langsung perakitan kotak  suara.

Ketua KPU  Kabupaten Poso Budiman Maliki dalam keterangannya  saat memantau langsung proses perakitan kota suara digedung PGRI Poso  mengatakan perakitan kotak surat suara merupakan tahapan Pemilu 2019 sesuai dengan surat edaran KPU RI agar perlengkapan logistik pemilu segera dipersiapkan salah satunya kota suara pemilu 2019.Menurutnya proses  perakitan  ribuan lembar kota surat suara tersebut  sekaligus untuk mengecek langsung kwalitas kotak suara  serta mengetahui jumlah kotak yang nantinya akan di distribusikan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).‘’ Perakitan kotak suara untuk Pemilu di Poso sudah kita mulai,selain karena tahapan Pemilu untuk kebutuhan kotak suara, perakitan ini sekaligus untuk mengetahui kuwalitas material kotak suara yang sebelumnya telah lama tersimpang di gudang,’’ tandasnya.

Pihak KPU kabupaten Poso memastikan 4.039 lembar kotak surat suara tersebut dirakit  selama  lima  hari  dan paling lambat  tiga hari ke depan. Data dari KPU  kabupaten Poso,jumlah TPS pada Pemilu 2019 mendatang  sebanyak 766 TPS  yang tersebar di 170 Desa dan kelurahan  untuk  19 kecamatan sekabupaten  Poso.(MANSUR)