KPU Ajukan Anggaran Rp200 Miliar

oleh
Sahran Raden

PALU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah (Sulteng) mengajukan anggaran sebesar Rp200 miliar lebih kepada pemerintah provinsi (pemprov) setempat untuk membiayai pelaksanaan pemilihan gubernur (pilgub) pada Pilkada serentak Tahun 2020 mendatang.

“Total anggaran yang kita ajukan ke pemda itu Rp 200 miliar lebih, kenaikannya 100 persen dari anggaran pilgub sebelumnya, tahun 2015,” kata Komisioner KPU Sulteng, Sahran Raden, baru-baru ini.

Sahran mengatakan, pada Pilgub 2015, pihaknya mengajukan anggaran sebesar Rp150 miliar, namun yang disetujui hanya Rp100 miliar dan yang terpakai sebesar Rp78 miliar, sehingga terjadi efisiensi anggaran.

Karena saat itu katanya, pihak KPU Sulteng mengestimasi lima calon gubernur, tetapi faktanya hanya ada dua calon.

“Sehingga dari anggaran itu terjadi efisiensi. Sisa dananya itu dikembalikan ke kas daerah,” ujar Sahran.

Sahran menuturkan, pengajuan anggaran sebesar itu berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 44 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Dana Kegiatan Pilkada dan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016.

Ia mengatakan, ada anggaran pilkada yang harus dibiayai oleh APBD yang mulai berjalan Oktober hingga Desember 2019 dan ada pula khusus APBD tahun 2020.

Anggaran ratusan miliar rupiah yang diajukan itu untuk membiayai segala hal berkenaan dengan pelaksanaan Pilgub mulai dari sosialisasi, pembentukan PPK, KPPS, kampanye, pengadaan logistik hingga pemungutan suara nanti pada 23 September 2020.

“Pengajuan anggarannya Juli kemarin. Semoga pemda segera merespon,” katanya. (RIFAY)