Kota Palu Dikepung Sampah, DLH Janji Jumat Sudah Bersih

oleh
Seorang pemulung memulung sampah di wilayah dekat Bundaran Palupi Pujasera, Selasa (27/6). FOTO: MAL/IWAN

PALU-  Memasuki hari keempat pasca lebaran Idul Fitri 1438 H Kota Palu dikepung sampah.  Tumpukan sampah yang ada di hampir seluruh sudut wilayah Kota Palu itu sepertinya belum terjama oleh petugas kebersihan.

Kepala Bidang Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu Irsan Sidjo yang di konfirmasi MAL terkait hal ini membenarkan hal tersebut, namun menurutnya bahwa saat ini pihaknya masih turun dengan kekuatan setengah personil saja.

“Iya, memang kalau sampah itu masih banyak terlihat, karena personil (buruh) masih setengah saja yang masuk. Dari 38 armada yang ada hanya sebanyak 20 unit yang sudah beroperasi sedangkan 18 unit lainnya belum turun, maka kekosongan inilah yang akan diantisipasi dua hari ini,” tutur Isran pada MAL Selasa (28/6) malam.

Dia menambahkan, bahwa kalau dihitung secara prosentasi, sampah pihaknya telah mekakukan pembersihan sebesar 40 persen dan masih tersisa ada 60 persen lagi yang diforsir dalam dua hari ini.

Pada rute armada yang di Palu Selatan dan Tatanga, kami melakukan peloderan mulai sejak pukul 06.00 pagi hingga sore, dengan lokasi di wilayah Palupi dan BTN Tawanjuka Mas, yang mengerahkan sebanyak 7 armada dan jumlah sebanyak 16 ret.

Irsan menambahkan,  Pasar Inpres termasuk daerah produksi sampah yang cukup besar pada moment lebaran ini. Pada malam lebaran bahkan pihaknya telah menurunkan 5 unit armada tapi tetap tidaklah cukup menampung sampah.

“Di inpres selain menurunkan armada kami juga menghimbau dengan pengeras suara kepada para pedagang agar membuang sampah pada tempatnya, namun tetap mereka hanya meninggalkan sampah itu di lokasi tempat mereka berjualan,” ungkapnya.

Demikian pula halnya di Pertokoan Palu Plaza, irsan mengaku bahwa pihaknya telah khusus menyediakan dua kontainer sampah di dua lokasi berbeda, namun tetap belumlah dimaksimalkan oleh para pedagang dan warga, sehingga usai lebaran sampah banyak berserakan di lokasi perbelanjaan tersebut.

“Besok (hari ini) kita akan gempur lagi sampah sampah ini mulai besok pagi dengan mengerahkan seluruh kekuatan armada yang ada, Kita targetkan akan sterilkan kembali sampah ini hingga Kamis dua hari kedepan, jadi kalau tidak ada halangan hari Jumat Kota Palu sudah bersih lagi,” pungkasnya. (HAMID)