Ketum PB Ingatkan Abnaulkhairaat Bersifat seperti Tanah

oleh
Suasana Haul Guru Tua di Desa Wosu, Bungku Barat, Kabupaten Morowali, pecan lalu. (FOTO: MAL/FALDI)

MOROWALI – Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar (PB) Alkhairaat, Habib Ali bin Muhammad Aljufri mengingatkan kepada seluruh abnaulkhairaat untuk senantiasa bersifat seperti unsur tanah.

Sebab, kata Habib, tanah selalu memberi manfaat banyak bagi orang lain, yang walaupun hanya diberi sebiji bibit ditambah air, lalu tanpa pamrih menebarkan manfaat bagi masyarakat.

“Jika diibaratkan tanah itu adalah kita dan sebuah biji, misalnya jabatan. Maka sebagai tanah, tumbuhkan jabatan itu untuk selalu menebarkan manfaat bagi orang di sekitar kita. Jika itu adalah biji yang tak punya buah, paling tidak bisa meneduhkan orang lain,” urai Habib Ali di hadapan ratusan jemaah Haul Emas Guru Tua yang diselenggarakan Keluarga Besar H. Sun bersama Komisariat Daerah (Komda) Alkhairaat Kabupaten Morowali, Sabtu (07/07) di Desa Wosu, Bungku Barat.

Habib juga menitipkan pesan kepada seluruh kepala-kepala desa di Kabupaten Morowali agar turut melirik dan mengulurkan tangannya membantu memajukan madrasah-madrasah Alkhairaat yang ada di wilayahnya masing-masing.

Sebab, kata dia, Alkhairaat dalam perjalanannya adalah milik seluruh ummat muslim. Keuntungan yang didapat jika madrasah Alkhairaat terus berkembang adalah ilmu pengetahun dan akhlaqul qarimah yang akan diperoleh anak cucu.

“Olehnya itu, Rasulullah Shalaullahu Alaihi Wasalam berkata jika di tanganmu ada benih dan masih sempat untuk menanamnya sebelum datangnya hari kiamat maka tanamlah. Bahkan dikatakan oleh Imam Ali, ketahuilah jika yang kerjakan ada capek maka akan ada akhirnya, sedangkan kebaikan tidak akan pernah berakhir,” tuturnya.

Sementara Ketua Komda Alkhairaat Morowali, Anwar Hafid menyebutkan, aman dan tertibnya Pilkada di Kabupaten Morowali yang belum lama ini diselenggarakan, tak lepas dari keberkahan Guru Tua.

“Sebab Kabupaten Morowali adalah salah satu daerah yang secara rutin menyelenggarakan Haul Guru Tua dari tahun ke tahun,” tandas mantan Bupati Morowali itu. (FALDI)