Ketua Komda Alkhairaat Pimpin DPRD Touna

oleh
Proses pelantikan 25 Anggota DPRD Touna, Senin (26/08). (FOTO: MAL/SAFA’AD)

TOUNA – Sebanyak 25 Anggota DPRD terpilih Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) masa bhakti 2019-2024, dilantik dan diambil sumpah oleh Ketua PN Klas I Poso, Moh Syafri, Senin (26/08).

Mereka yang dilantik, masing-masing empat orang dari Partai NasDem, empat orang dari Partai Golkar, empat dari PAN, tiga dari PDI-Perjuangan, tiga dari PKB, tiga dari Partai Demokrat dan masing-masing satu dari PBB dan Perindo.

Pada kesempatan itu, Ketua Komisariat Daerah (Komda) Alkhairaat Kabupaten Tojo Una-Una, Mahmud Lahay didaulat menjabat sebagai Ketua DPRD sementara, menggantikan Ketua DPRD lama.

Pergantian pucuk pimpinan DPRD ditandai dengan penyerahan palu sidang dari Ketua DPRD lama, Gusnar A. Sulaeman kepada Mahmud Lahay dari Partai NasDem.

Mahmud Lahay, mengungkapkan, selaku anggota DPRD yang baru dilantik, tentunya memiliki banyak tugas, sehingga dibutuhkan kerja sama dengan semua anggota DPRD untuk merealisasikan kembali aspirasi rakyat yang belum tersalurkan.

Di saat yang sama, Bupati Tojo Una-Una, Mohammad Lahay berharap kepada ketua DPRD agar bisa bersinergi dengan pemerintah daerah guna mewejudkan cita-cita pembangunan.

“Terlepas dari beliau sebagai Ketua DPRD, beliau juga adalah Ketua Komda Alkhairaat. Jadi program-program dibidang keagamaan, khususnya pengembangan pendidikan Alkhairaat di Tojo Una-Una akan semakin maju dan pastinya akan didukung oleh pemerintah daerah,” terangnya.

Sementara mantan Ketua Komda Alkhairaat Kabupaten Tojo Una-Una, Taufik Dg. Masiki, mengaku bahagia atas dilantiknya Ketua Komda Alkhairaat sebagai Ketua DPRD sementara. Dirinya sangat berharap agar yang bersangkutan bisa ditetapkan sebagai Ketua DPRD definitif.

“Saya sangat berharap dengan dilantiknya Ketua Komda Alkhairaat sebagai Ketua DPRD dapat memberi manfaat, khususnya untuk perkembangan Alkhairaat di daerah ini,” imbuhnya.

Di hari yang sama, 30 anggota DPRD Kabupaten Poso juga dilantik dan diambil sumpahnya. Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah yang berlangsung pada sidang paripurna di aula Gedung DPRD setempat itu, juga dilakukan oleh  Ketua Pengadilan Negeri (PN) Poso, Moh. Syafri.

Dari 30 anggota DPRD periode 2019-2024 tersebut, sebagian besar adalah wajah-wajah baru, dengan komposisi 21 pendatang baru dan sembilan lainnya merupakan wakil rakyat petahana.

Dari daftar nama-nama anggota DPRD yang disumpah kemarin, Partai Golkar menjadi partai yang memperoleh kursi terbanyak, yakni sebanyak tujuh, disusul Partai Demokrat lima kursi, NasDem empat kursi, PDI-Perjuangan tiga kursi, Gerindra tiga kursi dan PKS dua kursi.

Menariknya, pendatang baru, yakni Partai Berkarya memperoleh dua kursi dan Perindo satu kursi. Partai ini berhasil menggeser posisi partai lama seperti PAN, PPP dan Hanura yang masing-masing hanya memperoleh satu kursi.

Di DPRD Poso sendiri, Ketua DPRD sementara dijabat Sesi KD Mappeda dari Partai Golkar, menggantikan Ellen Pelealu dari Partai Demokrat. Sementara Wakil Ketua DPRD dijabat sementara oleh Samuel Munda dari Partai Demokrat. (MANSUR/SAFA’AD)