Kesultanan Pahang Malaysia Akan Ambil Bagian di FPPN

oleh
POSE BERSAMA. Sejumlah pejabat dari Kesultanan Pahang, berfoto bersama dengan jajaran Pemkot Palu dan Forkopimda, di salah satu hotel, pekan lalu. (FOTO: MAL/HAMID)

PALU – Kesultanan Pahang, Malaysia, memastikan diri untuk ikut memeriahkan ajang Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN), bulan ini. Untuk itu, jajaran pejabat utusan Kesultanan Pahang meminta kepada Wali Kota Palu menyiapkan ruang bagi mereka untuk memamerkan budayanya di FPPN nanti.

”Kami amat berbesar hati dan berjaya atas layanan yang kami dapati selama kunjungan 3 hari. Makanya, kami menyatakan akan turut bersama untuk memeriahkan even Festival Pesona Palu Nomoni pada akhir bulan ini,” kata Menteri Olahraga Kerajaan Pahang, Dato Johari bin Hussin saat melakukan kunjungan ke Kota Palu, pekan lalu.

Hal ini disampaikan Dato Johari saat menerima jamuan makan dari Pemkot Palu di salah satu hotel.

Pihaknya sangat berharap bahwa kunjungan itu mendapat balasan dari Wali Kota Palu.

“Untuk menindaklanjuti kerjasama di bidang pelancungan (pariwisata) ini, setiba di Malaysia kita teliti apa yang telah kami peroleh di Kota Palu, kami akan bincangkan disana. Saya sangat terkesan dengan konsep dari even Palu Nomoni yang diangkat yakni Palu untuk Indonesia,” tambahnya.

Dia juga menyinggung konsep Gerakan Gali Gasa yang dianggapnya menghasilkan dampak yang begitu baik untuk Kota Palu di masa mendatang.

Lebih lanjut dia mengatakan, selaku bangsa Melayu, kuliner yang dinikmatinya beberapa hari amatlah sesuai, bahkan ada persamaan dengan apa yang mereka konsumsi di Malaysia.

”Kunjungan ini adalah bentuk mempererat jalinan silaturahmi antara sesama bangsa Melayu agar rumpun melayu ini terus mekar Berjaya. Saya melihat Kota Palu memiliki banyak potensi yang bisa diandalkan seperti keindahan ekosistem alam simula jadinya, alam pegunungan yang berbanjaran begitu menarik serta berbagai sumber lain yang bisa mendorong tumbuhnya perekonomian di bumi Palu ini,” sebutnya.

Sehingga tambahnya, tidak mustahil dari hasil kerjasama yang terjalin antara kedua pemerintah ini akan member kesan ekonomi yang baru terhadap Kota Palu.

Sementara Wali Kota Palu, Hidayat mengatakan, pihaknya membuka diri dan siap melakukan kerjasama dengan Kesultanan Pahang untuk mewujudkan Palu menjadi kota destinasi.

Lanjut dia, keikutsertaan Kesultanan Pahang dalam ajang FPPN ke-2 ini adalah suatu penghormatan bagi Kota Palu yang tentunya membuka gaung FPPN yang semakin tersebar hingga ke Negara-negara tetangga.

“Kita akan menyiapkan ruang kepada Kesultanan Pahang untuk memamerkan budayanya di FPPN,” katanya.

Secara khusus, Hidayat menyampaikan terima kasih kepada Sultan Pahang yang telah mengutus pejabat tingginya ke Palu.

Hidayat juga berjanji akan melakukan kunjungan balasan ke Kesultanan Pahang.

Selama tiga hari di Palu, rombongan Kesultanan Pahang telah mengunjungi sejumlah tempat. Mereka bertolak ke negerinya pada Ahad (17/09) pagi, diantar oleh Wali Kota Palu bersama rombongan dari kepala OPD Kota Palu. (HAMID)